Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2023, 15:34 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hidup memang tidak bisa dipastikan. Terkadang, kita serasa diterpa keberuntungan bertubi-tubi, namun di beberapa hari lainnya, yang terjadi justru sebaliknya.

Karena itulah, terkadang untuk menjalaninya cukup berat.

Namun sebenarnya, semua yang terjadi dalam hidup bisa dinikmati, asalkan kita terus berpikir positif dan mengingatkan diri bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Sayangnya, menimbulkan pikiran positif inilah yang sulit dilakukan, terutama jika hari-hari buruk seakan lebih banyak dibanding hari-hari baik penuh keberuntungan.

Tapi tak perlu khawatir. Sebab dilansir dari Hack Spirit, ada lima cara untuk membuat pikiran kemabli positif, seperti berikut ini.

  • Relakan diri mengalami hari yang buruk

Terkadang, kita selalu memaksakan diri dan selalu berusaha untuk terus bahagia, produktif, dan sukses.

Namun sebagai manusia biasa, tentu kita tidak akan bisa terus menerus bahagia setiap hari, dan terkadang ada hari yang buruk.

Untuk itu, terima sajalah hari yang buruk itu, dan lihat sisi baiknya, di mana hal membahagiakan akan terasa lebih berharga.

Lalu ingatlah bahwa hari-hari buruk itu akan membangun ketahanan diri kita dan mengajarkan bagaimana caranya untuk bertahan, beradaptasi, dan menangani masalah.

  • Bersyukur

Bersyukur dapat membantu kita memandang hidup lebih positif,.

Hal ini tentunya akan meningkatkan kebahagiaan karena kita tidak berpikir negatif dan menghargai orang-orang di sekitar kita, berikut hal-hal kecil yang mereka lakukan.

Namun, bersyukur memang bukanlah perkara mudah. Apalagi, jika semua hal seakan tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Untuk itu, cobalah untuk melakukannya dengan membuat jurnal rasa syukur dan menuliskan tiga hal yang kita syukuri setiap harinya.

Hal yang disyukuri itu pun bisa hal-hal kecil dan sederhana, seperti makan enak, melihat matahari terbit, hingga berbincang dengan teman lama.

Dengan ini, diri pun akan merasa lebih puas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com