Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Tren Pernikahan Setalah Lebaran Diprediksi Meningkat

Kompas.com - 06/04/2023, 19:11 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Praktisi industri pernikahan memprediksi bakal terjadi peningkatan kegiatan pernikahan yang digelar masyarakat setelah Lebaran 2023. Tren peningkatan tersebut diklaim lebih tinggi dibandingkan sebelum Lebaran.

Hal itu diamini Head Manager Ohana Enterprise Bandung Caleb Robyn. Ia mengatakan, permintaan pesta pernikahan setelah Lebaran meningkat di pengujung 2023.

“Setelah Lebaran akan naik lagi (tren pesta pernikahan) secara signifikan, baik untuk pernikahan bertema tradisional maupun nasional. Adapun bulan ramai pesta pernikahan yakni pada Juni hingga Desember,” ujar Robyn dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (6/4/2023).

Robyn menjelaskan, konsep pernikahan yang dipilih oleh calon pengantin saat ini semakin bervariasi, mulai dari konsep internasional hingga konsep nasional.

Baca juga: Antiribet Siapkan Pernikahan, Calon Pengantin Bisa Jajal Paket Pernikahan All-in

Selain itu, ada pula konsep adat dengan menggadeng jasa pihak sanggar rias dari adat tertentu.

Adapun untuk Ohana Bandung sendiri, tutur Robin, sebagian besar calon pengantin memilih pesta pernikahan dengan konsep internasional.

Konsep pernikahan internasional tersebut mengikuti tren pernikahan yang ada di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya.

“Bandung terkenal dengan konsep outdoor dan semi outdoor sehingga calon pengantin pengguna jasa Ohana juga memakai venue tersebut. Ohana Bandung juga tetap melayani pernikahan tema tradisional dan adat dengan bekerja sama dengan sanggar yang ada,” jelas Robyn.

Baca juga: Ini Alasan Calon Pengantin Perlu Hadir ke Pameran Pernikahan

Lebih lanjut, Robyn menambahkan, bagi para calon pengantin yang akan mengadakan pesta pernikahan setelah Hari Raya Idul Fitri, Ohana Bandung akan rutin menggelar kegiatan Ohana Wedding Bazar (OWB).

Dalam acara tersebut, para calon pengantin bisa berdiskusi dengan vendor-vendor pernikahan yang sudah bekerja sama dengan Ohana.

"Acara OWB akan dilakukan secara rutin per 4 bulan atau 5 bulan dengan menyesuaikan permintaan pasar calon pengantin yang tinggi," kata Robyn.

Untuk diketahui, sebelumnya, Ohana Bandung telah menggelar OWB pada Rabu (29/3/2023) hingga Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Gen Z Pilih Biayai Pernikahannya Sendiri, Ini Kata Ohana Enterprise

Dalam kegiatan tersebut, OWB diadakan secara roadshow di tiga titik lokasi hotel yang berbeda, yaitu Holiday Inn Bandung, Crowne Plaza Hotel Bandung, dan Swiss-bell Hotel Resort Dago.

“Berdasarkan data yang kami himpun, dalam tiga hari tersebut, kami kedatangan calon pengantin baru sebanyak 70 hingga 80 pasangan,” imbuhnya.

Adapun kegiatan OWB dimeriahkan dengan pembagian hadiah dari Ohana Bandung berupa paket pernikahan lengkap dengan bonus tanpa diundi, seperti iPhone 12, pre-wedding Singapura, dan paket bulan madu ke Phuket, Thailand.

“Ada juga hadiah yang diundi yakni paket bulan madu Bali dan juga cincin pernikahan,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com