Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Habatusauda bagi Kesehatan dan Cara Terbaik Mengonsumsinya

Kompas.com - 17/06/2023, 18:31 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Habatusauda (Nigella Sativa) atau lebih dikenal sebagai jintan hitam merupakan bahan herbal yang cukup populer di Indonesia.

Dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan termasuk menjaga sistem imun, stamina, mengatasi peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Aneka khasiat habatusauda ini juga telah dibuktikan melalui berbagai penelitian ilmiah dan uji klinis secara modern.

Menurut Pharmacist dan Medical Pharmacologist, apt. Drs. Victor S. Ringoringo S.E., M.Sc, habatusauda merupakan salah satu bahan herbal yang memiliki cakupan manfaat yang luas terhadap kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dengan cara dan pola yang tepat.

"Bahan-bahan herbal dan alami merupakan bagian dari pengobatan tradisional yang telah berkembang sejak lama di Indonesia."

"Nah, jintan hitam merupakan salah satu bahan herbal yang punya spektrum terluas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal," ungkap Victor dalam keterangan persnya kepada Kompas.com.

Baca juga: Manfaat habatusauda, Menyusut Lemak Perut dan Mengontrol Gula Darah 

Manfaat habatusauda bagi kesehatan tubuh

Ilustrasi manfaat habbatusauda atau jintan hitam.Freepik/jcomp Ilustrasi manfaat habbatusauda atau jintan hitam.

Salah satu manfaat habatusauda bagi kesehatan adalah kemampuannya meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Pharmaceutical & Clinical Research, jintan hitam ini memiliki kandungan yang berperan sebagai agen antiinflamasi dan antioksidan.

Kandungannya termasuk timokuinon dan flavonoid, yang mampu memperkuat respons imun tubuh dalam melawan penyakit.

“Antioksidan adalah salah satu senyawa dalam biji habatusauda yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit," tambah Victor.

"Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antikosidan juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker."

Habatusauda juga memiliki peran dalam membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Baca juga: Ketahui Manfaat Potensial dan Efek Samping dari habatusauda 

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension juga melaporkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak habatusauda secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan.

Sementara untuk mereka yang memiliki masalah dalam sistem pencernaan, habatusauda juga dapat menjadi solusi yang lebih alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com