Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Daging Mentah Bisa Disimpan Dalam Kulkas?

Kompas.com - 28/06/2023, 07:58 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lemari pendingin atau kulkas biasa digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan, termasuk daging.

Menyimpan daging mentah di kulkas tidak hanya memastikan kesegarannya tetap terjaga, tapi juga mempertahankan cita rasanya.

Namun sayang, belum banyak orang menyadari bahwa menyimpan daging di kulkas tidaklah sama ketika disimpan dalam freezer. 

Secara umum suhu dingin pada kulkas berkisar antara 2 hingga 4 derajat Celsius. Rentang suhu ini dianggap ideal untuk menjaga kesegaran makanan dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menyimpan Daging Sapi di Freezer 

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), daging mentah seperti hanya dapat disimpan di kulkas antara 3 sampai lima hari.

Jangka waktu tersebut berlaku pada beberapa jenis daging seperti sapi, kambing, domba hingga sejumlah daging merah lainnya.

Sementara umur simpan daging akan lebih pendek pada tipe daging unggas, makanan laut, dan protein giling lainnya yang hanya dapat bertahan di kulkas selama 1 sampai dua hari.

Lebih dari itu, sebaiknya tidak mengonsumsi daging tersebut karena ketika sudah melewati masa penyimpanan kemungkinan ada beberapa risiko kesehatan yang menyertai.

Menurut laporan Healthline, mengonsumsi makanan melewati waktu ini dapat menimbulkan risiko kesehatan karena ada kemungkinan bakteri patogen dan bakteri pembusuk yang sudah berkembang.

Bakteri patogen lebih berbahaya karena jenis bakteri itu dapat memicu risiko atas penyakit bawaan makanan.

Sedangkan bakteri pembusuk tidak menyebabkan penyakit, melainkan lebih cenderung memengaruhi rasa, penampilan, dan bau daging dan sebaiknya dihindari.

Baca juga: 3 Resep Daging Sapi Lezat dan Mudah untuk Persiapan Idul Adha 

Cara menyimpan daging di kulkas

Ilustrasi menyimpan daging di kulkas atau freezerSHUTTERSTOCK/DOVZHYKOV ANDRIY Ilustrasi menyimpan daging di kulkas atau freezer

Menyimpan daging di dalam kulkas sering jadi pilihan karena daging akan lebih mudah dan dapat diolah sesegera mungkin tanpa harus di-frosting lebih dulu.

Meski USDA menyebut kalau masa penyimpanan hanya dapat bertahan 3 hari, tapi kita dapat mengadopsi beberapa praktik untuk menghindari pertumbuhan kedua jenis bakteri daging agar masa simpannya bertambah sampai lima hari.

Berikut beberapa langkah menyimpan daging agar dapat bertahan lebih lama;

  1. Jika daging dikemas dalam kemasan styrofoam, periksa lagi apakah lapisan plastiknya sudah terbungkus rapat dan tidak sobek.
  2. Siapkan plastik atau wadah kedap udara dan pisahkan menjadi beberapa bagian pada wadah berbeda.
  3. Lap daging dengan tisu dapur untuk membersihkannya, kemudian masukkan ke dalam wadah dan tutup rapat.
  4. Simpan daging di rak paling bawah kulkas untuk menghindari tetesan dan kontaminasi silang dari bahan makanan lain. Batasi kemungkinan ini dengan menempatkan wadah kedap udara di atas piring untuk menampung cairan yang bocor.
  5. Pastikan suhu kulkas stabil yaitu di bawah 4,4 derajat Celcius untuk memperlambat pertumbuhan bakteri dan periksa daging secara berkala.
  6. Perhatikan apakah ada aroma yang berubah, warna hingga penampilannya. Daging tidak ideal untuk dikonsumsi jika ada beberapa perubahan yang mencurigakan.

Baca juga: 7 Jenis Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Banyak Daging 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com