Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Daging Mentah Bisa Disimpan Dalam Kulkas?

KOMPAS.com - Lemari pendingin atau kulkas biasa digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan, termasuk daging.

Menyimpan daging mentah di kulkas tidak hanya memastikan kesegarannya tetap terjaga, tapi juga mempertahankan cita rasanya.

Namun sayang, belum banyak orang menyadari bahwa menyimpan daging di kulkas tidaklah sama ketika disimpan dalam freezer. 

Secara umum suhu dingin pada kulkas berkisar antara 2 hingga 4 derajat Celsius. Rentang suhu ini dianggap ideal untuk menjaga kesegaran makanan dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), daging mentah seperti hanya dapat disimpan di kulkas antara 3 sampai lima hari.

Jangka waktu tersebut berlaku pada beberapa jenis daging seperti sapi, kambing, domba hingga sejumlah daging merah lainnya.

Sementara umur simpan daging akan lebih pendek pada tipe daging unggas, makanan laut, dan protein giling lainnya yang hanya dapat bertahan di kulkas selama 1 sampai dua hari.

Lebih dari itu, sebaiknya tidak mengonsumsi daging tersebut karena ketika sudah melewati masa penyimpanan kemungkinan ada beberapa risiko kesehatan yang menyertai.

Menurut laporan Healthline, mengonsumsi makanan melewati waktu ini dapat menimbulkan risiko kesehatan karena ada kemungkinan bakteri patogen dan bakteri pembusuk yang sudah berkembang.

Bakteri patogen lebih berbahaya karena jenis bakteri itu dapat memicu risiko atas penyakit bawaan makanan.

Sedangkan bakteri pembusuk tidak menyebabkan penyakit, melainkan lebih cenderung memengaruhi rasa, penampilan, dan bau daging dan sebaiknya dihindari.

Menyimpan daging di dalam kulkas sering jadi pilihan karena daging akan lebih mudah dan dapat diolah sesegera mungkin tanpa harus di-frosting lebih dulu.

Meski USDA menyebut kalau masa penyimpanan hanya dapat bertahan 3 hari, tapi kita dapat mengadopsi beberapa praktik untuk menghindari pertumbuhan kedua jenis bakteri daging agar masa simpannya bertambah sampai lima hari.

Berikut beberapa langkah menyimpan daging agar dapat bertahan lebih lama;

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/28/075836020/berapa-lama-daging-mentah-bisa-disimpan-dalam-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke