Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Mengenal Cheongsam, Busana Pernikahan Anggun Wanita Tionghoa

Kompas.com - 05/07/2023, 12:21 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih busana pernikahan yang tepat akan membantu setiap calon pengantin tampil maksimal di momen hari spesial mereka.

Dalam memilih busana pernikahan pun sebaiknya dilakukan seirama dengan konsep tema pernikahan yang dipilih. Pasalnya, tema pernikahan dapat menentukan jenis busana pernikahan yang akan digunakan oleh calon pengantin.

Busana pengantin yang simpel serta minimalis akan lebih tepat jika digunakan untuk tema pernikahan luar ruangan.

Sebaliknya, jika calon pengantin memilih tema pernikahan adat tradisional yang anggun, gaun pengantin yang panjang dan lebar bisa dijadikan pilihan. Sebut saja,  kebaya untuk adat Jawa ataupun cheongsam untuk adat Tionghoa.

Baca juga: Agnez Mo Anggun dalam Balutan Kebaya Cheongsam, Anne Avantie Terharu

Berbicara cheongsam, busana ini merupakan salah satu jenis baju pengantin yang bisa digunakan untuk pernikahan dengan tema adat Tionghoa.

Untuk diketahui, cheongsam dalam bahasa Kanton artinya gaun panjang. Cheongsam atau qipao dalam bahasa Mandarin adalah gaya berpakaian yang biasanya dikenakan oleh wanita Tionghoa.

General Manager (GM) Ohana Enterprise Yogi Rulan Wijaya mengatakan, baju cheongsam dipercaya dapat memancarkan aura keanggunan bagi kedua mempelai di pelaminan. Bahkan, memberi kesan mempelai seperti bangsawan-bangsawan Tionghoa.

“Setiap tema busana pernikahan punya keunggulan masing-masing. Bagi mempelai yang memutuskan untuk menikah dengan konsep tradisional Tionghoa, baju cheongsam dapat digunakan untuk melambangkan simbol budaya, kebanggaan, dan kesejahteraan,” ujar Yogi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Melihat Kembali Gaya Jokowi Kenakan Cheongsam Saat Hadiri Perayaan Imlek

Yogi menambahkan, baju cheongsam memiliki bentuk yang elegan baik untuk pengantin pria maupun wanita. Cheongsam memadukan warna-warna yang berani, seperti emas hingga merah. Paduan warna tersebut membuat aura baju cheongsam semakin kuat.

“Tema baju cheongsam memiliki kekuatan keanggunan tradisional yang long last alias tidak termakan usia. Setiap baju tema tradisional memiliki ciri khas yang long lasting sehingga tidak akan terlihat kuno. Sebaliknya, tetap memancarkan aura anggun, megah, memesona, dan elegan,” tutur Yogi.

Yogi menambahkan, keanggunan baju cheongsam dapat memancarkan aura kepercayaan diri dan pesona dalam diri setiap pengantin yang menggunakannya. Setiap pengantin biasanya memiliki alasan khusus untuk menikah menggunakan baju adat.

“Biasanya mereka bangga dengan budaya dan adat istiadatnya. Ini yang membuat mereka memilih nuansa baju cheongsam,” jelas Yogi lebih lanjut.

Baca juga: Usung Konsep Pesta Kebun, Ohana Enterprise Bakal Gelar Pameran Pernikahan OWF di QBig BSD

General Manager (GM) Ohana Enterprise Yogy Rulan Wijaya menjelaskan, peningkatan tren jumlah tamu yang diundang ke resepsi pernikahan tidak terlepas dari dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).Dok. Ohana Enterprise/Putra Ananda General Manager (GM) Ohana Enterprise Yogy Rulan Wijaya menjelaskan, peningkatan tren jumlah tamu yang diundang ke resepsi pernikahan tidak terlepas dari dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ragam baju pengantin di OWF

Bagi para calon pengantin yang sedang mencari busana pernikahan yang tepat, Ohana Enterprise kembali menggelar pameran pernikahan skala nasional terbesar, yakni Ohana Wedding Festival (OWF) yang berlangsung di Qbig BSD, Tangerang Selatan (Tangsel) mulai Sabtu (22/7/2023) hingga Minggu (23/7/2023).

Dalam gelaran OWF kali ini, calon pengantin dapat melihat serta memilih langsung terkait kebutuhan pesta pernikahan termasuk busana pengantin, termasuk cheongsam.

“Ratusan vendor dipastikan terlibat dalam kegiatan OWF Qbig kali ini. Akan ada beberapa vendor yang menyediakan baju Cheongsam selain brand Ohana Bridal seperti Carol Zang hingga Nan Qipao dari SAS design,” jelas Yogi.

Ohana pun konsisten sebagai perusahaan yang bergerak di industri pernikahan penyedia paket pernikahan lengkap atau all in one package untuk para calon pengantin.

Baca juga: Gen Z Pilih Biayai Pernikahannya Sendiri, Ini Kata Ohana Enterprise

Setiap keperluan calon pengantin yang berencana mengadakan pesta pernikahan tersedia lengkap di OWF.

"Ratusan vendor pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pernikahan hingga hotel bintang 4 dan 5 dipastikan ikut berpartisipasi mengikuti pameran OWF bertema pesta kebun," kata Yogi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com