Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2023, 09:38 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa jenis baju anak biasanya memiliki harga yang relatif mahal. Bahkan jika dibandingkan dengan baju orang dewasa, harganya bisa setara dua hingga tiga kali lipatnya.

Ternyata harga yang relatif mahal pada kebanyakan pakaian anak ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi harga baju anak dari suatu merek atau rancangan desainer tertentu.

"Memang baju anak itu relatif lebih mahal dari baju orang dewasa. "Salah satu yang membuat harganya mahal itu karena proses pembuatannya yang memang rumit,"

Demikian kata Wahyu Eka Priyana Sukmawaty, dosen desain dan tata busana Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta saat ditemui Kompas.com di Jogja Fashion Trend 2023, Yogyakarta, baru-baru ini. 

Terkait dengan harga baju anak yang relatif lebih tinggi dari pakaian orang dewasa, berikut beberapa alasan yang disampaikan Wahyu Eka Priyana.

Baca juga: Pasar Tanah Abang Makin Ramai Jelang Lebaran, Pengunjung Cari Baju Anak sampai Mukena Lesti Kejora 

Proses pembuatan yang rumit

Proses pembuatan baju anak yang rumit itu meliputi dimensi baju cenderung lebih kecil, sehingga pada saat merancang pola, menentukan bahan dan ukuran dibutuhkan detail yang lebih mendalam serta teknik tertentu untuk mengurangi kesalahan.

Kata Yayuk, sapaan akrabnya, jika dilihat dari kacamata seorang desainer, proses pembuatan suatu karya fesyen yang semakin kecil dimensinya, maka pengerjaannya pun akan semakin rumit.

Hal itulah yang dapat memengaruhi nilai jualnya menjadi lebih tinggi.

Koleksi baju anak di Jogja Fashion Trend, Pakuwon Mall, Yogyakarta.KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi baju anak di Jogja Fashion Trend, Pakuwon Mall, Yogyakarta.

Material berkualitas demi kenyamanan

Terkait bahan baku yang biasanya tidak menggunakan material biasa, melainkan dipilih bahan berkualitas tinggi yang mengutamakan kenyamanan anak saat memakainya.

Baju anak yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti katun organik atau serat alami lainnya memiliki harga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan sintetis.

Sehingga bisa dikatakan modal untuk pembuatan pakaian anak itu terbilang lebih tinggi dibandingkan baju orang dewasa.

Penggunaan bahan berkualitas ini pun tak lepas dari mengutamakan kenyamanan anak saat memakai pakaian tersebut.

Detail dan hiasan lainnya

Baju anak dengan fitur khusus seperti desain unik dan rumit akan cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.

Misalnya pada baju pesta anak yang memiliki hiasan berupa manik-manik atau payet yang tidak bisa dijahit sembarangan.

Tingkat keamanan pada saat memberikan sentuhan payet ini pun harus diperhatikan agar manik-maniknya tetap kuat dan tidak mudah lepas.

"Misalnya baju anak itu mau diberi detail payet. Itu saat menjahitnya tidak bisa satu kali, dia harus double."

"Karena kalau anak pakai baju bermanik-manik ada kemungkinan tangannya usil. Kalau mudah lepas dan ditelan anak kan jadinya bahaya," pungkas Yayuk.

Baca juga: Uniqlo Luncurkan Baju Anak yang Menahan Sinar Ultraviolet 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com