Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mosaik Kehidupan Sebastian Gunawan dalam Koleksi Metaphor

Kompas.com - 20/07/2023, 17:47 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak ada yang pasti dalam hidup. Semua hal bisa berubah dengan cepat atau lambat.

Pasang surut kehidupan manusia ini kemudian dirangkai oleh duet desainer Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese lewat koleksi Sebastian Gunawan Signature 2023/2024 bertajuk "Metaphor".

Koleksi yang indah nan menawan tersebut juga telah ditampilkan dalam sebuah peragaan busana, yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, pada Selasa (18/7/2023).

Kepada Kompas.com, Seba — begitu sapaan akrab Sebastian Gunawan — dan Cristina pun menjelaskan makna koleksi yang inspirasinya begitu personal.

Baca juga: Kemewahan Gaya Oriental dalam Koleksi Imlek Sebastian Gunawan

Sebuah bentuk refleksi kehidupan
Secara garis besar, Seba mengatakan bahwa "Metaphor" atau metafora adalah kiasan yang menggambarkan bagaimana kehidupan penuh dengan liku-liku dalam setiap perjalanannya.

Menurut pria yang kini berusia 56 tahun itu, ide ini berasal dari refleksi naik turun kehidupannya selama beberapa tahun terakhir.

Terlebih, sebagai desainer, ia mengalami cukup banyak tantangan untuk bisa berkarya di tengah masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19.

"Jadi, saya bersama Cristina kali ini mengeluarkan koleksi dengan tema 'Metaphor' yang diartikan sebagai kiasan yang berasal dari kehidupan," terangnya.

"Ini seperti cerminan atau refleksi dari kehidupan," ujar Seba.

Tetap membawa karakteristiknya yang unik, koleksi terbaru Seba juga memiliki potongan-potongan dengan detail yang tidak biasa.

Seba mengakui bahwa koleksi "Metaphor" menjadi salah satu yang paling rumit, dengan masing-masing siluet membutuhkan waktu pengerjaan kurang lebih 2-3 bulan.

"Detail maupun motifnya beragam. Ada garis lurus, ada garis gelombang, ada bulat, segitiga, hingga kotak-kotak, yang semuanya melambangkan kehidupan itu sendiri," jelas dia.

Baca juga: Cinta Laura Pakai Gaun Ratu Laut Selatan di Cannes Film Festival 2023

Kiasan berupa ornamen mosaik

Koleksi "Metaphor" terdiri dari gaun bersiluet ramping, mulai dari cocktail dress hingga evening dress.

Bahan-bahan yang digunakan juga bervariasi seperti silk crepe, taffeta, jacquard, dan tulle, serta bahan-bahan yang diberi sentuhan ulang dengan teknik embroidery, pleats, fringe, frill, dan ornamentasi sehingga menjadi bahan baru yang indah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com