Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Minum Air Kelapa, Menurut Ahli Gizi

Kompas.com - 27/07/2023, 06:15 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Prevention

KOMPAS.com - Kelapa adalah buah tropis yang kaya akan manfaat. Selain daging buahnya, air kelapa juga memiliki khasiat yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, ahli gizi klinis di Optavia, Jennifer Christman, merekomendasikan agar kita memeriksa label nutrisi yang terkandung dalam produk air kelapa di pasaran sebelum membelinya.

"Pilihlah air kelapa yang 100 persen berasal dari buahnya dan pastikan juga bebas bahan tambahan seperti gula," sarannya.

Lebih lanjut, para ahli pun menjelaskan apa saja manfaat minum air kelapa bagi kesehatan tubuh, sebagaimana dilansir dari laman Prevention berikut ini.

Baca juga: Bagaimana Air Kelapa Terbentuk?

Manfaat air kelapa
Air kelapa paling terkenal karena kemampuannya menyamai elektrolit gatorade, tetapi itu bukan satu-satunya keunggulannya.

1. Air kelapa kaya akan nutrisi penting
Menurut seorang ahli gizi di MyFitnessPal, Joanna Gregg, RD, satu produk air kelapa yang dibeli di toko mengandung sekitar 500 miligram (mg) kalium, 30 hingga 40 mg natrium, dan 4 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk magnesium dan kalsium.

"Jika diet kita kekurangan salah satu dari nutrisi ini, air kelapa mungkin bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan harian kita," terangnya.

2. Sumber elektrolit alami
Elektrolit adalah mineral yang tidak ditemukan dalam air, yang dapat membantu menjaga berbagai fungsi penting tubuh, termasuk hidrasi, fungsi otot, dan pH darah yang seimbang.

Ketika berkeringat, kita kehilangan elektrolit, dan meskipun minuman olahraga dapat membantu mengisinya kembali setelah berolahraga, minuman tersebut sering kali mengandung gula tambahan yang tidak sehat.

Sebaliknya, air kelapa murni tidak mengandung gula. Satu cangkirnya mengandung lebih dari dua kali lipat jumlah elektrolit dibandingkan dengan minuman olahraga tradisional.

Baca juga: Tanda Tubuh Kekurangan Elektrolit

3. Tinggi kalium
Seorang ahli imunologi nutrisi dan komunikasi sains, Megan Meyer, PhD, memberikan penekanan khusus pada kandungan kalium dalam air kelapa, sebuah elektrolit yang mendukung fungsi otot, di antara proses-proses lainnya.

"Pedoman diet telah mengidentifikasi kalium sebagai salah satu dari empat nutrisi yang menjadi perhatian," ungkapnya.

"Asupan kalium yang tidak mencukupi dapat meningkatkan tekanan darah, menguras kalsium dalam tulang, dan meningkatkan risiko batu ginjal," jelas dia.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, secangkir air kelapa memberikan 500 mg nutrisi kalium.

4. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan kalium dalam air kelapa juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com