Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2023, 19:55 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki pekerjaan yang cocok dengan diri kita merupakan impian semua orang. Meski semua orang bisa sukses dalam peran apa pun, tapi mereka yang memiliki kepribadian introvert biasanya lebih menyukai pekerjaan tertentu saja.

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert umumnya lebih menyukai kegiatan individu dan lebih suka menghabiskan lebih banyak waktu sendiri.

Baca juga: Kenali Jenis Kepribadian Introvert, Extrovert, dan Ambivert, Ini Bedanya

Meski mereka mampu menangani tugas apa saja, tapi mereka lebih menyukai bekerja yang minim interaksi dengan banyak orang dan lebih memilih lingkungan yang lebih tenang.

Berikut beberapa karakteristik pekerjaan yang ideal bagi seseorang yang memiliki kepribadian introvert.

  • Memprioritaskan kegiatan individu daripada bekerja dalam kelompok besar
  • Melibatkan kerja sama dengan orang-orang yang memiliki kemampuan mendengar dan mengamati yang sangat baik
  • Menawarkan ruang yang tenang atau kemungkinan untuk bekerja dari rumah
  • Memungkinkan mereka untuk fokus pada satu kegiatan pada satu waktu
  • Menciptakan peluang untuk interaksi empat mata dengan kolega atau klien

Baca juga: Dari 15 Ciri Introvert Ini, Adakah yang Mirip Dengan Kepribadianmu?

Pekerjaan yang cocok untuk orang introvert

Lalu apa saja rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert?

Penerjemah

Penerjemah memiliki karakteristik yang cocok bagi individu introvert. Pasalnya dalam bekerja biasanya penerjemah bekerja secara mandiri dan fokus pada tugas penerjemahan tanpa perlu banyak interaksi sosial atau gangguan.

Selain itu, banyak pekerjaan penerjemah dapat dilakukan dari rumah atau lokasi yang nyaman. Ini cocok bagi introvert yang lebih suka bekerja dalam lingkungan yang tenang.

Editor video

Editor video dapat bekerja dalam berbagai lingkungan, mulai dari pekerja lepas yang bekerja dari rumah hingga bekerja di agensi kreatif atau perusahaan produksi.

Biasanya, pekerjaan ini dilakukan secara mandiri, pasalnya seorang editor video perlu fokus untuk menghasilkan kreativitas dan inovasi untuk membuat sebuah video yang menarik.

Pustakawan

Pustakawan adalah individu yang bekerja di berbagai jenis perpustakaan, seperti perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan akademik, dan perpustakaan khusus.

Perpustakaan sendiri perpustakaan merupakan tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. Hal ini cocok bagi para introvert yang lebih suka ketenangan dalam bekerja.

Baca juga: Akuntan hingga Admin Medsos, 7 Pilihan Karier Ideal untuk Introvert

Content creator

Seorang biasanya memiliki jiwa yang kreatif. Bagi seorang introvert yang memiliki jiwa kreatif, mereka dapat bekerja untuk menghasilkan karya kreatif tanpa perlu banyak berinteraksi secara langsung dengan banyak orang.

Research analyst

Peran research analyst sangat cocok untuk seseorang yang memiliki kepribadian introvert yang memiliki minat dalam analisis mendalam serta penelitian.

Pekerjaan ini memerlukan untuk bekerja secara mandiri. Mereka akan bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data.

Programmer

Profesi programmer adalah salah satu pilihan karir yang sangat cocok untuk orang dengan sifat introvert. Dalam pekerjaan ini dibutuhkan kemampuan untuk bekerja secara mandiri.

Programmer dapat berfokus pada pemrograman, analisis kode, dan pemecahan masalah teknis tanpa harus terlibat dalam interaksi sosial yang berlebihan.

Mereka dapat merancang dan mengembangkan solusi teknis secara mendalam, sekaligus memiliki kebebasan dalam mengatur waktu dan lingkungan kerja yang sesuai dengan preferensi mereka.

Software engineer

Bekerja sebagai software engineer bisa jadi sangat cocok untuk seorang introvert karena sebagian besar insinyur memiliki pilihan untuk bekerja dari jarak jauh.

Mereka akan bertanggung jawab untuk meneliti, merancang, menulis, dan mengembangkan berbagai aplikasi perangkat lunak.

Baca juga: Kualitas yang Membuat Introvert Unggul dalam Wawancara Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com