Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2023, 10:49 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah hubungan dapat menjadi sulit dan menantang ketika sepasang kekasih telah melewati fase awal ketertarikan.

Untuk mempertahankan sebuah hubungan jangka panjang, seseorang memerlukan kesabaran dan sikap menghargai yang berkelanjutan untuk diri sendiri dan juga pasangan.

Kedua belah pihak harus bertanggung jawab, berkomitmen, dan berkembang untuk dapat membuat sebuah hubungan berjalan dengan baik.

Sementara beberapa orang dapat berlayar melewati situasi sulit bersama pasangan dengan mudah, pasangan lainnya mungkin kesulitan untuk menyelesaikan masalah yang muncul diantara mereka.

Hal tersebut seringkali kembali pada kepribadian masing-masing, di mana orang-orang yang lahir dengan zodiak tertentu ditengarai memiliki sikap lebih dewasa yang membuat mereka menjadi sosok pasangan yang termotivasi dan ideal.

Baca juga: Zodiak Paling Kekanak-kanakan dalam Hubungan Percintaan

Zodiak-zodiak paling dewasa dalam hubungan asmara

Semangat dan dorongan tidaklah cukup untuk menjadikan seseorang dewasa secara emosional. Kita juga harus tetap tenang di dalam situasi menantang dan menjalani hubungan dengan penuh pengertian dan kesabaran.

Planet-planet yag mengatur zodiak memiliki pengaruh yang signifikan dalam mewujudkan sifat-sifat tersebut dalami diri seseorang. Maka, beberapa zodiak memang cocok untuk berada dalam sebuah hubungan menantang, sementara beberapa zodiak lain, seperti Sagitarius dan Aries, merupakan makhluk yang sangat independen, spontan, dan berjiwa petualang.

Kendatipun begitu, kedua zodiak yang disebutkan terakhir tersebut diamati dapat menjadi kekasih romantis dengan cara mereka sendiri, walau mereka juga bisa menjadi kekanakan dalam hubungan jangka panjang.

Hal tersebut dikarenakan elemen keduanya yang adalah api, yang dipengaruhi oleh planet Jupiter dan Mars. Keduanya sama-sama berhubungan erat dengan sikap tegas, termotivasi, dan bersemangat.

Kesesuaian zodiak antara satu dengan yang lain memiliki peran yang sangat penting ketika membahas tentang percintaan. Bila beberapa zodiak dapat menemukan pasangan dengan mudah, zodiak lain mungkin sulit untuk melakukan hal yang sama walau mereka berusaha sungguh-sungguh.

Hal ini disebabkan oleh fenomena astrologi yang disebut aspek-aspek astrologis. Arti sederhananya ialah posisi planet yang terbentuk dalam bagan kelahiran seseorang versus orang yang dia sukai mempengaruhi apakah pasangan tersebut mudah memiliki hubungan yang berhasil.

Aspek-aspek tersebut adalah conjunction, sextile, trine, square, dan opposition. Conjunction, trine, sextile mengindikasikan ikatan yang sehat, sementara square dan opposition menandakan sebuah gesekan dan ketegangan diantara zodiak satu dengan yang lain.

Jadi bahkan bila sebuah zodiak, misalnya Pisces, adalah zodiak yang dewasa sejak awal, ikatannya tidak akan gampang berbuah dengan Sagitarius dan Gemini karena mereka berada di aspek square dengan modalitas yang sama.

Demikian pula, zodiak-zodiak dibagi menjadi empat elemen alam. Zodiak dengan elemen air dan tanah dianggap sebagai zodiak yang lebih dewasa dibandingkan dengan zodiak berelemen udara dan api.

Baca juga: Scorpio hingga Sagitarius, Ini 5 Zodiak Paling Nyaman Menjomblo

Peringkat zodiak sesuai kedewasaan dalam cinta

Cancer (21 Juni – 19 Juli)

Zodiak ini disimbolkan dengan kepiting dan didominasi oleh bulan. Cancer dikenal sebagai zodial paling emosional. Orang-orang yang lahir dibawah zodiak ini memiliki pembawaan yang tenang, sensitif, inisiatif, dan empatis yang menjadikan zodiak ini salah satu zodiak terbaik saat jatuh cinta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com