Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukuran Payudara Besar Jadi Halangan Wanita Berolahraga

Kompas.com - 23/08/2023, 09:18 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Stylist

KOMPAS.com - Wanita berpayudara besar ternyata cenderung menghindari olahraga dengan intensitas tinggi. Mereka bahkan lebih jarang berolahraga.

Hal itu terungkap dalam penelitian yang melibatkan 2.000 perempuan dari Australia, Inggris, dan Afrika Selatan. Penelitian ini dipublikasikan di Journal of Reconstructive Surgery.

Yang menarik, minat terhadap olahraga meningkat setelah wanita berpayudara besar melakukan operasi pengurangan ukuran. Mereka percaya bahwa mengurangi ukuran payudara akan meningkatkan performa atletik dan partisipasi dalam kegiatan olahraga.

Sekitar 56 persen responden mengatakan operasi pengecilan payudara membuat mereka lebih aktif dan juga lebih sehat.

"Wanita yang menjalani operasi pengecilan payudara mengatakan mereka lebih sering berolahraga, lebih menikmati dan mau berolahraga dalam kelompok," kata ketua studi Dr.Claire Baxter, yang juga seorang dokter bedah rekonstruksi ini.

Baca juga: Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara?

Menurutnya, operasi pengecilan payudara memiliki manfaat yang besar, bukan semata faktor estetika. Apalagi gaya hidup kurang bergerak sangat terkait dengan meningkatnya risiko kesehatan kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Selain meningkatkan gerakan, berolahraga dengan payudara yang lebih besar dapat menyebabkan nyeri leher dan bahu yang kronis.

Mengenai kebahagiaan citra tubuh, para peneliti menemukan bahwa wanita memiliki kepuasan diri lebih besar jika ukuran cup mereka antara AA dan C, dibandingkan jika mereka DD, E, F, G, H atau lebih besar.

Mereka yang memiliki ukuran cup E atau lebih besar melaporkan tingkat kebahagiaan dan kepuasan hidup yang jauh lebih rendah.

Meskipun operasi pengecilan payudara disebutkan dapat membawa perubahan, namun perlu disadari pentingnya ketersediaan bra olahraga yang lebih baik.

Mayoritas wanita masih berlari dengan ukuran bra olahraga yang salah dan tidak semua ukuran dapat dipenuhi dengan tepat.

Baca juga: 5 Cara Mengecilkan Ukuran Payudara Secara Alami

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com