Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2023, 14:27 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi wanita, memiliki rambut yang kering dan sulit diatur bisa menjadi masalah besar. Tetapi, jangan khawatir, karena ada berbagai cara untuk mengatasi masalah rambut kering ini. Salah satunya adalah dengan merawat rambut menggunakan minyak.

Banyak minyak yang bisa kita pakai, salah satunya minyak cem-ceman. Minyak ini merupakan minyak kelapa asli yang dicampur berbagai bahan.

Minyak cem-ceman mengandung asam lemak omega-3 yang menghidrasi dan vitamin E yang dikenal dapat menambah kilau pada rambut serta penting untuk kesehatan kulit kepala.

Berikut sejumlah manfaat dari minyak cem-ceman atau minyak kelapa murni.

Baca juga: Manfaat Minyak Cem-ceman atau Minyak Kelapa Murni

Melembutkan rambut dan menghilangkan kusut

Minyak cem-ceman berperan sebagai pelindung dari gesekan fisik, bahan kimia yang agresif, dan sinar UV. Ini membantu menghaluskan lapisan luar rambut dan mengurangi potensi kerusakan.

Mengatasi ketombe

Minyak cem-ceman bermanfaat untuk mengatasi ketombe, kulit kepala kering, dan eksim. Kandungannya dapat merangsang pertumbuhan bakteri sehat dan juga memiliki sifat anti-peradangan serta kemampuan melembabkan.

Menjaga rambut ikal tetap terhidrasi

Minyak ini mampu memberikan kelembaban pada rambut keriting yang cenderung kering, baik di dalam maupun di permukaannya. Ini bisa menghasilkan untaian yang lembut dengan jumlah kusut yang lebih sedikit.

Minyak ini juga memberikan nutrisi yang diperlukan, menjaga kelembaban, dan mencegah kerusakan pada rambut. Nantinya, rambut ikal akan memiliki pola yang bagus dan mudah diatur.

Mencegah kerontokan rambut

Minyak cem-ceman juga memiliki nutrisi yang dapat memperkuat helai rambut dan meminimalkan kerusakan. Kandungan asam lemak di dalamnya mampu melindungi rambut dari kerusakan hingga meningkatkan pertahanan struktur rambut.

Cara menggunakan minyak cem-ceman

Jika rambut sangat kasar, kamu bisa menggunakan sedikit minyak cem-ceman sebagai kondisioner tanpa dibilas. Atau kamu juga bisa hangatkan minyak di antara kedua tangan.

Lalu, biarkan minyaknya meresap dalam rambut selama yang kamu inginkan atau jika kamu mau ini bisa kamu diamkan selama semalaman. Kemudian keramas dan gunakan kondisioner seperti biasa. Mungkin diperlukan dua kali pembilasan untuk memastikan minyak benar-benar terangkat.

Baca juga: Mungkinkah Rambut Kering Jadi Indah dan Sehat? Simak Trik Ini...

Efek samping

Kasus alergi terhadap minyak kelapa jarang terjadi, namun sangat penting untuk tidak menggunakan minyak kelapa pada kulit atau rambut jika kita memiliki alergi. Tanda-tanda reaksi kulit yang mungkin muncul adalah kemerahan, rasa gatal, dan timbulnya ruam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com