Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai 9 Hal yang Berpotensi Membuat Kita Digigit Ular

Kompas.com - 31/08/2023, 12:44 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi


KOMPAS.com -
Ular masih sering kali kurang dipahami meskipun kita sering berada dalam lingkungan yang sama dengan mereka.

Meskipun mereka cenderung pemalu dan lebih suka bersembunyi daripada mengganggu manusia, kadang-kadang kita bisa secara tak terduga bertemu dengan mereka. Ini bisa terjadi di alam liar, di halaman rumah, atau bahkan di dalam rumah kita sendiri.

Untungnya, dengan persiapan yang benar, kita dapat menghindari kemungkinan terburuk saat bertemu dengan reptil ini.

Baca juga: Tips Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular

Mendaki di luar jalur atau di area berbatu

Mendaki adalah salah satu aktivitas yang baik untuk menikmati keindahan alam. Banyak pecinta alam memiliki rute favorit yang bervariasi mulai dari jalur yang mudah hingga yang menantang.

Namun, jika kamu adalah pendaki yang ingin menemukan jalur sendiri, tindakan tersebut mungkin akan meningkatkan risiko terkena gigitan ular.

Menurut Georgina Ushi Phillips, DVM, seorang dokter hewan penasihat dan penulis The Reptile Room, ular cenderung bersembunyi di area rerumputan tinggi, daerah berbatu, atau di tempat-tempat yang menyediakan tempat berlindung yang banyak.

Bahkan saat mencoba berjemur di bawah sinar matahari, ular lebih mungkin ditemukan di lokasi yang jauh dari jalur yang umum dilalui daripada di tengah jalur tersebut.

Oleh karena itu, berjalan di luar jalur, meskipun menggoda, dapat meningkatkan risiko gigitan ular.

Baca juga: 6 Tempat yang Bisa Dimanfaatkan Ular untuk Masuk Rumah, Segera Periksa!

Memilih alas kaki yang salah

Ketika cuaca sedang panas, memakai pakaian yang ringan dan menggunakan sendal akan lebih nyaman. Namun, ini akan menjadi tindakan yang salah jika kita berniat ke alam terbuka yang memiliki banyak reptil.

Menurut Jennifer Mecham, seorang pakar dalam hal ular dan penulis di Reptiles Blog, salah satu tindakan umum yang dapat mengundang ular untuk menggigit adalah mengenakan sandal di daerah yang berisiko ular.

Sandal hanya memberikan perlindungan terbatas dari gigitan ular. Meskipun kita mungkin berhasil menghindari gigitan, kita masih bisa terpapar bisa dari ular.

Berkebun dengan sembarangan

Tidak hanya kaki, tangan juga bisa rentan terhadap gigitan ular, terutama saat sedang berkebun.

Roger Dickens, seorang ahli dalam pengendalian burung dan hewan liar dari Ehrlich Pest Control, menyarankan kepada orang-orang yang berkebun atau bekerja di kebun untuk secara teliti memeriksa area rendah sebelum mereka turun atau merunduk.

Ular Piton 4,5m Ditemukan Dengan Perut Buncit Usai Mangsa Ayam Jago Milik Warga *** Local Caption *** Ular Piton 4,5m Ditemukan Dengan Perut Buncit Usai Mangsa Ayam Jago Milik WargaKOMPAS.COM/JUNAEDI Ular Piton 4,5m Ditemukan Dengan Perut Buncit Usai Mangsa Ayam Jago Milik Warga *** Local Caption *** Ular Piton 4,5m Ditemukan Dengan Perut Buncit Usai Mangsa Ayam Jago Milik Warga

Hal ini karena ular bisa saja menyamar di tengah dedaunan dan tanaman, Dickens juga merekomendasikan untuk menggunakan tongkat panjang seperti gagang sapu untuk mengangkat tumbuhan rendah seperti dedaunan atau bunga.

Ini dilakukan untuk menjaga jarak aman dari potensi risiko ular.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com