Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Lemas dan Susah Fokus, Waspadai Gejala Anemia

Kompas.com - 01/09/2023, 10:29 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang cukup banyak dihadapi anak Indonesia. Diperkirakan satu dari tiga anak mengalami anemia. Jika tidak diatasi bisa berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Anemia yang disebabkan karena kurangnya zat besi dalam pola makan bukan sekadar kurang darah yang bisa menyebabkan seorang anak menjadi lemah. Penyakit ini dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan kecerdasan anak.

Efek anemia pada anak kurang dari lima tahun akan berpengaruh pada perkembangan otaknya.

"Di usia 2-5 tahun perkembangan otaknya masih terjadi. Anemia bisa memengaruhi perkembangan otaknya," kata dr.Luciana B Sutanto Sp.GK(K) dalam acara talkshow yang digelar oleh Sari Husada di Jakarta (31/8/2023).

Tanda anak mengalami anemia yang perlu diwaspadai adalah anak menjadi lesu, gampang lelah, hingga anak menjadi tidak fokus dan mudah sakit.

Baca juga: 5 Komplikasi Anemia pada Anak yang Harus Diwaspadai Orangtua

Selain itu, keluhan fisik itu juga akan berpengaruh pada emosi dan kemampuan belajar anak.

Menurut psikolog klinis Anna Surti Ariani M.Si, anak yang tidak aktif secara fisik karena anemia akan mengalami kesulitan belajar.

"Ini berpengaruh juga ke emosinya yang jadi negatif. Anak gampang marah, tersinggung, serta anak menjadi kurang percaya diri karena sulit menangkap informasi baru," papar psikolog yang akrab disapa Nina itu dalam acara yang sama.

Dokter Luciana merekomendasikan orangtua untuk melakukan pemeriksaan atau screening anemia saat anak berusia dua tahun. Selain itu, perhatikan asupan makan anak.

"Pilih makanan yang bervariasi dan kaya akan zat besi, termasuk anjuran konsumsi minum susu untuk anak,"saran dokter Luciana.

Konsumsi vitamin C dan asam folat juga diketahui dapat meningkatkan tingkat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Jika anak sudah terlanjur anemia, biasanya dibutuhkan suplementasi Fe dan konsumsi makanan zat besi untuk pencegahan anemia di masa datang.

Baca juga: Memilih Gaya Belajar yang Sesuai Tipe Kepribadian Anak

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com