Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban dari 15 Pertanyaan Seputar Disfungsi Ereksi

Kompas.com - 06/09/2023, 19:00 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika mengalami disfungsi ereksi alias impoten,  kita mungkin merasa seolah-olah sendirian dalam pengalaman ini. Kita mungkin akan bertanya-tanya apakah ada orang lain yang juga mengalaminya?

Muncul juga pertanyaan mengapa saya menghadapi masalah ini? Apakah ada solusi untuk ini, atau akan berlangsung selamanya?

Menurut dokter urologi Petar Bajic, disfungsi ereksi pada dasarnya adalah ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang cukup untuk melakukan penetrasi seksual.

Ini adalah masalah yang lumrah terjadi, walaupun ada tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Berikut pertanyaan yang sering ditanyakan soal disfungsi ereksi.

1. Seberapa umum disfungsi ereksi?

Studi menunjukkan bahwa sebanyak 52% pria berusia antara 40 dan 70 tahun mungkin mengalami kesulitan ereksi, sementara 1 dari 10 pria mengalaminya untuk jangka panjang.

Ini adalah kondisi yang memengaruhi banyak pria, dan dapat terjadi pada usia berapa pun karena berbagai alasan

Perlu diingat bahwa disfungsi ereksi adalah sebuah spektrum, bukan fenomena semua atau tidak sama sekali. Kita mungkin masih bisa mendapatkan ereksi, tetapi ereksi tersebut lemah atau berlangsung singkat.

2. Apakah disfungsi ereksi bagian normal dari bertambahnya usia?

Meningkatnya kesulitan dalam mencapai ereksi seiring bertambahnya usia adalah hal yang umum terjadi, terutama jika ada masalah kesehatan lain yang terlibat seperti diabetes.

Namun, penting untuk diingat, kita tidak harus hanya menerima kondisi ini begitu saja. Kita bisa berdiskusi dengan dokter yang memiliki keahlian khusus dalam bidang urologi atau seksologi.

Baca juga: Benarkah Masturbasi Bisa Picu Disfungsi Ereksi?

3. Apakah disfungsi ereksi bersifat permanen?

Disfungsi ereksi sering kali merupakan indikasi dari adanya masalah mendasar, dan mengatasi masalah tersebut biasanya dapat membantu mengembalikan fungsi seksual, bahkan hingga ke tingkat yang normal.

Perawatan untuk disfungsi ereksi dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya, beberapa pilihan perawatannya meliputi obat-obatan, vakum, sampai suntikan penis.

Ilustrasi kecemasan dalam kehidupan seks.Freepik Ilustrasi kecemasan dalam kehidupan seks.

4. Bukankah seharusnya saya bisa ereksi kapan pun saya mau?

Ketika masih muda, ereksi mungkin lebih sering dan mudah terjadi. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, wajar jika frekuensi dan kemudahan ereksi berkurang.

Faktor-faktor seperti perubahan hormon dan tekanan hidup yang datang (seperti tekanan dari tanggung jawab masa dewasa) dapat memengaruhi tingkat gairah seksual.

Mungkin perlu waktu lebih lama untuk mencapai ereksi dan mungkin memerlukan lebih banyak rangsangan langsung dan pemanasan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com