Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Seiring Bertambah Usia

Kompas.com - 08/09/2023, 11:10 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti organ dalam, tulang juga merupakan bagian tubuh yang penting untuk dijaga.

Dalam tubuh seseorang, terdapat 206 tulang yang masing-masing bekerja untuk membantu bergerak, melindungi organ dalam, dan menyimpan kelebihan mineral penting, seperti kalsium dan vitamin D. Bahkan jaringan tulang biasa disebut sebagai sumsum tulang, memproduksi sel darah.

Tulang membantu seseorang untuk bergerak dengan leluasa, dan meskipun tulang bersifat keras serta kaku, tulang merupakan jaringan hidup layaknya sel-sel kulit yang terus-menerus beregenerasi.

Pada usia muda hingga umur 20an tahun, pembentukan massa tulang terjadi lebih cepat daripada hilangnya sel tulang.

Namun seiring bertambahnya usia, proses tersebut terbalik: massa tulang kita menurun lebih cepat daripada kemampuan tubuh membuat sel-sel baru untuk menggantikannya.

Risiko dari kondisi ini lebih besar berdampak pada perempuan. Satu dari lima wanita berusia diatas 50 tahun kemungkinan besar didiagnosis menderita osteoporosis, suatu kondisi pengeroposan yang dapat melemahkan tulang.

Baca juga: 6 Macam Asupan yang Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Maka dari itu kita harus terus menjaga kondisi tulang agar dapat terus bergerak dengan bebas meskipun usia semakin bertambah. Untuk melakukannya, terdapat beberapa cara yang diikuti demi mempertahankan kesehatan tulang.

Cara menjaga kesehatan tulang

Terus bergerak

Cara pertama yang paling sering disarankan dan sangat mudah ditebak adalah terus bergerak.

Aktivitas apa pun yang mengharuskan kita bergerak melawan gravitasi misalnya jalan cepat, lari, atau tenis akan menekan tulang, sehingga menstimulasi tulang menjadi lebih kuat dan mencegah tubuh menarik mineral penting seperti kalsium dan fosfat dari tulang.

“Kurangnya olahraga dapat membuat tulangmenjadi lemah dan rapuh. Jadi usahakan untuk melakukan aktivitas sedang selama 150 menit setiap minggunya,” kata Jeffrey Zarin, MD, seorang ahli bedah ortopedi di Cedars Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles, California.

Maka dari itu, biasakan untuk menggerakkan tubuh secara rutin misalnya berjalan kaki, melakukan yoga, berenang, atau sekadar naik tangga alih-alih lift, karena hal itu memberi kesempatan pada tulang agar menjadi lebih padat.

Latihan ketahanan

Mungkin tips kali ini akan terdengar cukup berat jika kita baru saja memulainya, namun latihan ketahanan merupakan cara yang efektif untuk menjaga kesehatan tulang.

“Ini memungkinkan otot menggunakan tulang sebagai titik tumpu untuk menggerakkan sendi dan kerangka kita, agar menjadi lebih kuat saat mengangkat beban.” kata Adhil Shahzad Ahmed, MD, asisten profesor bedah ortopedi di Baylor College of Medicine di Houston, Texas.

Menggunakan beban dalam latihan ketahanan sangatlah baik untuk tulang terutama bagi wanita pascamenopause.

Maka dari itu, usahakan untuk melakukan dua hingga tiga sesi latihan ketahanan setiap minggu.

Baca juga: 5 Tips Jaga Tulang Tetap Kuat Meski Usia Kian Tua

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com