Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madeline Paldo, Wanita 100 Tahun yang Aktif Kerja hingga Usia 99 Tahun

Kompas.com - 20/09/2023, 07:08 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Madeline Paldo baru saja pensiun pada usia 100 tahun. Perempuan ini bekerja selama lebih dari 80 tahun dari usia 18-99 tahun, dan dia percaya bahwa bekerja adalah kontributor besar bagi umur panjangnya.

"Pekerjaan membuat saya sibuk, dan saya menikmatinya," kata Paldo. "Pensiun, saya tidak terlalu menyukainya," sambung dia.

Keluarga Paldo memulai bisnis di Chicago yang memproduksi rambu-rambu elektrik, di mana Paldo bertanggung jawab atas pekerjaan kantor.

Dia sering berinteraksi dengan pelanggan yang diakuinya sebagai bagian favorit dalam pekerjaan tersebut.

Baca juga: 5 Kebiasaan Centenarian di Zona Biru demi Umur Panjang, Yuk Tiru...

"Saya senang berada di tengah-tengah masyarakat. Saya suka berada di tengah-tengah masyarakat," kata Paldo kepada CNBC Make It.

"Dan saya adalah satu-satunya orang di kantor yang melakukan semua pekerjaan kantor untuk bisnis kami, jadi itu menyenangkan. Saya senang pergi bekerja," kata dia lagi.

Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard selama 85 tahun menemukan, hubungan yang positif membuat orang lebih bahagia dan dapat membantu mereka hidup lebih lama.

Karena alasan ini, tidak mengherankan jika Paldo sangat menekankan pentingnya keluarga dan teman.

"Banyak orang yang berusia 100 tahun berbicara tentang pentingnya hubungan, keluarga mereka, komunitas, dan juga teman-teman mereka."

Demikian kata Dr. Sofiya Milman, profesor kedokteran dan genetika serta Direktur Studi Umur Panjang Manusia di Institute for Aging Research di Albert Einstein College of Medicine.

Milman juga terlibat dalam SuperAgers Family Study, yang bertujuan untuk menemukan faktor biologis yang berkontribusi terhadap umur panjang.

Baca juga: 8 Rahasia Umur Panjang Para Centenarian, Apa Saja?

Paldo masih tetap aktif secara sosial di usia 100 tahun dengan pergi makan malam bersama anak-anaknya dan menghadiri acara-acara keluarga. Bahkan, dia baru saja menghadiri pernikahan awal bulan ini.

Dia juga senang pergi ke Dunkin' Donuts setiap hari Minggu bersama putranya untuk bertemu dengan teman-temannya: "Saya menantikannya setiap minggu."

Paldo juga mengaku lebih beruntung karena memiliki beberapa teman seusianya yang sering berkunjung ke rumahnya untuk makan siang.

"Mereka selalu menelepon saya, 'kami akan datang untuk makan siang hari Rabu jam 12,'" ucapnya menirukan perkataan kawan-kawannya.

"Kami bersenang-senang. Tanpa teman-teman, apa artinya kamu, bukan begitu?"

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com