Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Risiko Penyakit Berdasarkan Golongan Darah

Kompas.com - 20/09/2023, 18:29 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber WebMD


KOMPAS.com - Banyak orang tidak mengetahui golongan darah mereka. Bahkan jika kita mengetahui apa golongan darah kita, mungkin kita juga tidak menyadari golongan darah tersebut dapat membuat kita lebih rentan terhadap penyakit tertentu.

Umumnya, tujuan penggolongan darah adalah untuk mengetahui kepada siapa kita dapat mendonorkan darah dengan aman atau menerima darah.

Tetapi golongan darah kita juga dapat menempatkan kita pada risiko kondisi medis tertentu.

Namun perlu diingat, golongan darah bukan satu-satunya penyebab seseorang mengidap suatu penyakit.

Baca juga: Ragam Golongan Darah, Pola Makan, hingga Risiko Penyakitnya

Berikut risiko penyakit berdasarkan golongan darah:

Penyakit jantung

Penelitian menunjukkan golongan darah O memiliki tingkat risiko yang lebih rendah untuk terjangkit penyakit jantung koroner.

Meskipun para ahli belum memahami sepenuhnya alasannya, beberapa orang berpendapat ini mungkin terkait dengan fakta bahwa golongan darah lain cenderung memiliki kolesterol dan jumlah protein yang lebih tinggi yang dapat mempengaruhi pembekuan darah.

Kanker perut

Golongan darah A, AB, dan B memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah O. Lebih tepatnya, orang dengan golongan darah A memiliki potensi risiko lebih tinggi terkena kanker perut.

Baca juga: Golongan Darah dan Kepribadian: Ciri-ciri Golongan Darah A+

Para ilmuwan menduga, hal ini mungkin terkait dengan fakta infeksi oleh bakteri H. pylori tampaknya lebih umum pada orang-orang dengan golongan darah A.

Bakteri ini biasanya berada di perut dan dapat menyebabkan peradangan serta pembentukan tukak lambung.

Kanker pankreas

Golongan darah A, AB, atau B memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker pankreas karena molekul yang ada dalam sel darah merah tipe A dan B dapat memfasilitasi pertumbuhan bakteri tertentu, seperti H. pylori di saluran pencernaan.

Stres

Stres dapat meningkatkan produksi kortisol, hormon stres dalam tubuh. Orang dengan golongan darah A cenderung memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mereka mungkin mengalami lebih banyak kesulitan dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan.

Baca juga: Golongan Darah A Ternyata Lebih Rentan Alami Stres, Benarkah?

Malaria

Golongan darah tipe O dapat membantu melindungi kita dari penyakit ini. Malaria dapat menular ketika kita digigit oleh nyamuk yang terinfeksi.

Parasit penyebab malaria memiliki kesulitan menempel pada sel darah tipe O, sehingga membuat kita lebih tahan terhadap penyakit ini.

Tukak lambung

Golongan darah tipe O lebih berisiko terkena tukak lambung, yaitu luka terbuka yang dapat sangat menyakitkan dan muncul di lapisan perut atau usus bagian atas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com