Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman di Halaman yang Bisa Mengundang Tikus Masuk Rumah

Kompas.com - 25/09/2023, 12:27 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Memelihara tanaman di halaman tidak hanya membuat rumah menjadi lebih asri dan sejuk, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati.

Namun, tak jarang ada beberapa tanaman yang ternyata bisa menjadi tempat bagi tikus untuk berlindung dan berkembang biak, serta sarana masuk ke dalam rumah.

Dilansir dari laman Best Life, para ahli pun membagikan lima daftar tanaman yang bisa mengundang tikus masuk ke rumah sebagai berikut.

1. Tanaman buah

Tanaman buah seperti beri dan lemon yang tumbuh di halaman bisa memberikan aroma yang menyenangkan bagi tikus untuk masuk ke dalam rumah.

"Hewan pengerat menyukai makanan yang manis dan tinggi kandungan airnya seperti blueberry, apel, pir, dan banyak lagi," kata Manajer Umum Trad's Pest Control, Denise Trad Wartan.

Baca juga: Cara Menggunakan Cengkeh untuk Mengusir Tikus

Sementara Nancy Troyano, PhD, ahli entomologi bersertifikat dari Ehrlich Pest Control, mengatakan tikus sangat menyukai stroberi, dan bahkan akan memakannya sebelum matang.

Jika kita memiliki tanaman buah di halaman, pastikan untuk memanen buah yang sudah matang dan memungut buah yang jatuh atau membusuk dari tanah.

Pameran Flona 2023 yang digelar di Taman Lapangan Banteng, Kamis (21/9/2023). Acara ini berlangsung dari Jumat (15/9/2023) sampai Senin (16/9/2023).KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Pameran Flona 2023 yang digelar di Taman Lapangan Banteng, Kamis (21/9/2023). Acara ini berlangsung dari Jumat (15/9/2023) sampai Senin (16/9/2023).

2. Ground cover

Ground cover atau cover crop merupakan tanaman penutup tanah yang tumbuh rendah ke tanah dan mudah menyebar, sehingga berada pada tingkat yang sempurna untuk tikus.

"Ground cover yang tebal seperti tanaman ivy atau vinca dapat menjadi tempat persembunyian yang sempurna bagi tikus," jelas penata taman, Gene Caballero.

"Kerapatan dan tempat berlindung dari tanaman semacam itu bisa sangat menarik. Sebagai alternatif, pikirkan pilihan yang tidak terlalu lebat seperti thyme atau rumput hias yang tidak terlalu akomodatif," terangnya.

Selain itu, menurut Damian Marcelo, ahli entomologi bersertifikat di Fox Pest Control, kita juga harus menjaga jarak tanaman ground cover beberapa meter dari rumah. Jika kita memiliki tanaman merambat, sebaiknya jangan biarkan tanaman itu merambat di bagian luar rumah.

Baca juga: 8 Tanaman Rambat yang Berbunga Cantik, Apa Saja?

3. Umbi-umbian dan sayuran akar

Meskipun sayuran akar dan umbi-umbian mungkin sulit untuk dikeluarkan dari tanah, tanaman ini juga bisa mengundang tikus masuk ke kebun atau halaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com