Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermacam Tanaman yang Mengusir dan Mengundang Tikus

Kompas.com - 05/09/2023, 10:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Ternyata, ada tanaman yang memiliki kekuatan untuk mengusir dan menarik atau mengundang tikus.

Nah berikut ini adalah empat tanaman yang dikenal mampu mengusir tikus, dan tiga tanaman lain yang ternyata kerap mengundang datangnya tikus.

Mengusir tikus

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah umbi beraroma tajam dan beraroma yang sering digunakan dalam masakan.

Baca juga: Cara Pakai Garam untuk Dijadikan Racun Tikus

Bawang putih juga dikenal karena kemampuannya yang unik untuk mengusir tikus.

Aroma bawang putih yang kuat, yang disebabkan oleh senyawa sulfur seperti allicin, bisa sangat kuat bagi hewan pengerat seperti tikus.

Makhluk-makhluk ini sangat bergantung pada indera penciuman mereka, dan bau bawang putih yang kuat adalah sesuatu yang mereka anggap tidak menarik.

Ketika tikus menemukan aroma bawang putih yang kuat, reseptor sensorik mereka terpengaruh, membuat mereka menghindari area di mana baunya lazim.

Kualitas pengusir alami bawang putih ini menjadikannya pilihan populer bagi orang-orang yang ingin mengusir tikus dari rumah tanpa menggunakan bahan kimia yang keras.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai pengusir tikus, orang sering menghancurkan atau mencincang siung bawang putih dan menyebarkannya di sekitar area yang kemungkinan besar akan dimasuki tikus.

Misalnya, menebar di dekat pintu masuk, retakan, dan lubang di sekitar rumah.

Baca juga: Cara Pakai Cengkeh untuk Usir Tikus dari Rumah

Selain itu, menempatkan siung bawang putih di lokasi-lokasi penting atau menggantung umbi bawang putih dapat membantu mencegah tikus mendekat.

Penting untuk dicatat, meskipun bawang putih bisa efektif dalam mengusir tikus, bawang putih mungkin tidak dapat digunakan sebagai solusi tunggal untuk serangan yang parah.

Menggabungkan bawang putih dengan tindakan pencegahan lainnya seperti sanitasi yang baik, menutup titik masuk, dan menjaga lingkungan yang bersih sangat penting untuk pengendalian hama yang komprehensif.

2. Lavender

Lavender dikenal dengan bunga ungu yang harum dan aromanya yang menenangkan.

Lavender juga menarik perhatian karena kemampuannya untuk mengusir tikus.

Aroma lavender yang manis namun kuat, terutama berasal dari minyak esensialnya, dapat berfungsi sebagai pencegah alami bagi hewan pengerat yang mengganggu ini.

Tikus memiliki indera penciuman yang tajam, yang diandalkan untuk menavigasi lingkungan dan mendeteksi potensi ancaman.

Ketika terkena aroma lavender yang kuat, tikus dapat menemukan aroma yang berlebihan dan tidak menyenangkan, menyebabkan tikus menghindari area di mana ada lavender.

Baca juga: Pelihara Kucing Cara Efektif Usir Tikus dari Rumah, Benarkah?

Minyak esensial yang ditemukan dalam lavender, seperti linalool dan linalyl asetat, bertanggung jawab atas aroma yang berbeda dan sifat pengusir hama.

Senyawa ini dapat mengganggu kemampuan tikus untuk berkomunikasi dan bernavigasi, membuat ruangan yang beraroma lavender menjadi kurang menarik bagi tikus.

Untuk menggunakan lavender sebagai pengusir tikus, orang sering meletakkan sachet lavender kering atau bola kapas yang direndam minyak esensial di area yang kemungkinan besar akan dimasuki tikus.

Menanam lavender di sekeliling taman atau di dekat bangunan juga dapat membantu mencegah tikus mendekat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com