Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelihara Kucing Cara Efektif Usir Tikus dari Rumah, Benarkah?

Kompas.com - 14/08/2023, 17:11 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Terminix

KOMPAS.com - Mungkin masih banyak orang percaya, memelihara kucing bisa membantu untuk mengusir tikus secara alami di rumah.

Kehadiran kucing di rumah dianggap dapat membuat tikus merasa terganggu karena takut hingga membuatnya menjauh dari area tersebut.

Namun, benarkah pelihara kucing bisa jadi cara paling efektif untuk mengusir hama seperti tikus? Untuk lebih jelasnya simak beberapa ulasan berikut.

Baca juga: 4 Cara Efektif Mengusir Tikus yang Berisik di Loteng 

Fakta terkait kucing bisa bantu mengusir tikus

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Florida, para peneliti menguji peran hewan peliharaan (seperti kucing dan anjing) pada pola aktivitas tikus hitam (rattus rattus) dan tikus multimammate natal (mastomys natalensis) di beberapa desa di Afrika.

Aktivitas mencari makan tikus kemudian ditinjau untuk melihat perbedaan pola yang ditunjukkan melalui perilaku tikus ketika ada dan tidak ada hewan lain (anjing dan kucing) di sekitarnya.

Kemudian hasil studi menunjukkan, perilaku tikus saat mencari makan tidak ada bedanya ketika ada dan tidak ada anjing atau kucing di lingkungan mereka.

Dengan kata lain, tikus masih menunjukkan aktivitas mencari makan seperti biasa.

Namun, ketika ditinjau secara keseluruhan, intensitas tikus saat mencari makan dinilai mengalami penurunan secara signifikan ketika ada kucing dan anjing di lingkungan mereka.

"Ketika berbagai jenis predator hadir di tengah mereka, tikus kemungkinan besar merasa ketakutan yang tinggi untuk mencari makan di wilayah itu," kata peneliti, seperti dilansir Terminix.

Berdasarkan tinjauan penelitian itu, ada beberapa faktor yang membuat aktivitas tikus mengalami penurunan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com