Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mencari Ketenangan Diri Lewat Hobi

Kompas.com - 27/09/2023, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Ramos Mangihut Yemima S. dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Banyaknya kegiatan dan pekerjaan dalam hidup tentu melelahkan. Perasaan damai jadi terasa sangat sulit untuk didapatkan, sebab ada sejumlah tanggung jawab yang tak bisa ditinggalkan begitu saja.

Namun, sebagai makhluk hidup, tentu butuh istirahat. Oleh karena itu, penting untuk menyempatkan waktu untuk mencari ketenangan, salah satunya lewat hobi. Dengan melakukan hobi, tumbuh perasaan nyaman dan kesempatan untuk rehat sejenak.

Hal serupa juga dibicarakan dalam siniar BEGINU episode “Kontribusi Radio untuk Karya Lokal” dengan tautan akses s.id/BeginuArie1.

Dalam episode ini, bersama Wisnu Nugroho, Pimpinan Redaksi Kompas.com, penyiar radio Arie Dagienkz berbagi ceritanya mengenai kontribusi radio dalam perkembangan industri Indonesia, sekaligus bagaimana ia mendapatkan ketenangan lewat hobinya, yaitu bersepeda.

Mengapa Penting Memiliki Hobi?

Dalam Daily (2018), hobi dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam waktu senggang untuk mengembangkan kemampuan diri. Tak hanya itu, hobi juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mental, karena dapat berfungsi sebagai wadah pelampiasan stres dan burn out.

Baca juga: Mengapa Anak Muda Harus Memiliki Kesadaran Politik?

Hal serupa juga dinyatakan oleh Kettering University. Dengan melakukan hobi, seseorang dapat lepas dari monotonitas pekerjaan sehari-hari. Sehingga, seseorang memiliki kesempatan untuk melakukan hal yang dicintai.

Oleh karena itu, sangat penting untuk seseorang dapat memiliki hobi. Sebab, dengan memiliki hobi, terbentuk suatu ruang kosong untuk beristirahat sejenak dari sesaknya kehidupan.

Hobi Sebagai Wadah Meditasi

Untuk mengembalikan energi dan ketenangan diri, dapat dilakukan lewat mencoba kegiatan-kegiatan yang menenangkan hati.

Dilansir dari Live Chill Life, berikut adalah sejumlah hobi yang dapat dilakukan sebagai wadah meditasi diri.

1. Melukis

Melukis dapat dijadikan sebagai wadah pengekspresian diri. Lewat goresan kuas yang lembut, warna cat yang ekspresif dan berpadu indah menciptakan efek terapi.

Selain itu, ada banyak cara dan metode yang dapat digunakan dalam melukis, serta berbagai langkah-langkah melukis menyenangkan yang dapat diakses secara daring.

2. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu cara untuk dapat terhubung dengan alam. Selain itu, berkebun juga bisa dilakukan di mana saja, tak butuh lahan yang besar.

Berkebun bisa dimulai dari pekarangan rumah sendiri, dengan menanamkan berbagai bunga atau buah dalam pot. Lewat berkebun, seseorang juga dapat merasakan perasaan lega dan tenang saat melihat tanaman yang dirawat tumbuh indah.

3. Membuat Tembikar

Membuat tembikar (pottery) adalah kegiatan kerajinan dari tanah liat yang membentuk berbagai karya cantik seperti pot, vas bunga, gelas, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com