Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Daftar Makanan Tinggi Kolagen yang Baik untuk Tubuh

Kompas.com - 29/09/2023, 12:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Health

KOMPAS.com - Kolagen adalah protein yang ditemukan dalam tubuh manusia, membentuk sekitar sepertiga dari total kandungan protein tubuh. 

Kolagen berfungsi sebagai bahan penyusun berbagai bagian tubuh, termasuk kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen.

Meskipun tubuh secara alami memproduksi kolagen, produksinya cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan paparan sinar UV.

Untuk mencegah kekurangan kolagen, mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen dapat membantu memastikan kita makan dengan baik guna melindungi kulit, otot, dan ligamen.

Meski ada berbagai suplemen kolagen, tetapi kita juga perlu mengonsumsi kolagen dengan memilih makanan yang tepat.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Bubuk Kolagen Setiap Hari?

Manfaat mengonsumsi lebih banyak kolagen

Menambahkan kolagen atau nutrisi dalam diet yang mendukung produksi kolagen dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, antara lain:

Kesehatan kulit: Kolagen berkontribusi pada elastisitas, hidrasi, dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Penuaan dan faktor lingkungan mengurangi kolagen, yang berpotensi menyebabkan keriput dan kulit kering, sehingga meningkatkan asupan kolagen dapat melawan efek ini dan membuat kulit tampak muda dan bercahaya.

• Nyeri sendi: Kolagen membantu menjaga integritas tulang rawan, yang merupakan jaringan seperti karet yang melindungi sendi. Meningkatkan konsumsi kolagen dapat meringankan nyeri sendi dan gejala radang sendi.

• Kesehatan jantung: Kolagen memberikan struktur pada arteri, mencegahnya melemah. Dengan demikian, kolagen yang sehat dapat membantu mendukung kesehatan jantung.

Massa otot: Kolagen mengandung asam amino glisin, yang berperan dalam sintesis kreatin. Hal ini dapat memberikan bahan bakar yang dibutuhkan otot untuk melakukan latihan, sehingga berpotensi meningkatkan massa otot.

Kesehatan tulang: Seperti halnya sendi dan kulit, tulang kita juga kaya akan kolagen, yang membantu menjaganya tetap kuat dan sehat. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen menurun, yang menyebabkan kondisi seperti osteoporosis.

Baca juga: Makan Blueberry Bisa Dongkrak Kolagen dan Cegah Keriput, Benarkah?

Ilustrasi kaldu tulang, salah satu makanan yang mengandung kolagen.bluebirdprovisions Ilustrasi kaldu tulang, salah satu makanan yang mengandung kolagen.
Makanan yang tinggi kolagen

Untuk menambahkan lebih banyak kolagen secara alami ke dalam tubuh, berikut adalah beberapa makanan tinggi kolagen yang bisa dikonsumsi sehari-hari, seperti dikutip dari laman Health.

1. Kaldu tulang

Tulang hewan merupakan sumber kolagen yang sangat kaya. Proses perebusan tulang dan jaringan ikat yang lambat di dalam air memungkinkan kolagen di dalam tulang terurai menjadi gelatin, yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Selain kolagen, kaldu tulang juga menyediakan asam amino esensial dan mineral, sehingga menjadikannya tambahan yang bernutrisi untuk diet apa pun yang ingin meningkatkan kadar kolagen.

Beberapa data menunjukkan, meskipun kaldu tulang menyediakan asam amino utama untuk sintesis kolagen, suplemen tertentu mungkin masih menjadi sumber terbaik.

Baca juga: 7 Jenis Kaldu yang Bikin Gurih Masakan, dari Jamur hingga Tulang Ikan

2. Ikan dan kerang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com