Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Tindak Lanjut Setelah Wawancara Kerja

Kompas.com - 16/10/2023, 16:06 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber hbr.org

KOMPAS.com - Masa menunggu hasil setelah melewati tahap akhir wawancara kerja, bisa terasa menyiksa. Apalagi jika kita sangat mengharapkan diterima kerja di perusahaan tersebut.

Dalam situasi ini, pertanyaan muncul apakah penting untuk melakukan tindak lanjut seperti mengirim ucapan terima kasih secara tertulis atau melalui email ke manajer perekrutan?

Atau mungkin kamu bertanya-tanya berapa lama seharusnya kita menunggu sebelum menindaklanjuti status keputusan mereka.

Menurut John Lees, seorang ahli strategi karir di Inggris dan penulis Get Ahead in Your New Job, masa penantian memang sering menimbulkan ketegangan karena prioritas antara kita dan perusahaan mungkin berbeda.

Di lain pihak kita juga perlu hati-hati agar tidak melakukan tindakan yang merugikan, seperti meragukan kemampuan diri sendiri, memberikan kesan putus asa kepada calon pemberi kerja, atau bahkan tidak mencari peluang pekerjaan lain.

Namun, menurut John Sullivan, seorang profesor manajemen di San Francisco State University dan penulis buku 1000 Cara Merekrut Bakat Terbaik, kita dapat mengambil beberapa langkah proaktif setelah wawancara.

Baca juga: Cara untuk Mengurangi Kecemasan Mencari Kerja

Ilustrasi bekerja di kafe atau work from cafe.SHUTTERSTOCK/MIX AND MATCH STUDIO Ilustrasi bekerja di kafe atau work from cafe.

Ucapkan terima kasih

Tugas terpenting setelah wawancara adalah menyampaikan rasa terima kasih kepada mereka yang telah meluangkan waktu untuk berbicara dengan kita.

Menurut Sullivan, pesan tersebut harus mengkomunikasikan bahwa kita semakin bersemangat dengan pekerjaan tersebut dan yakin kita sangat menginginkan posisi tersebut.

Dia juga menyarankan untuk membuat pesan tersebut lebih personal dengan menyebutkan sesuatu yang positif yang terjadi selama wawancara.

Baca juga: Tips Hadapi Wawancara Virtual agar Terlihat Unggul

Jika kamu tidak punya nomor kontak pewawancara tetapi berinteraksi dengan orang lain di perusahaan untuk mengatur wawancara, kamu bisa mengirim email kepada orang tersebut untuk mengekspresikan apresiasi atas waktu mereka dan pewawancara.

Pastikan untuk menyebutkan nama orang yang kamu ajak bicara dan tulis pesan dengan asumsi bahwa pesan tersebut akan diteruskan kepada mereka.

Kamu juga bisa terhubung dengan pewawancara di LinkedIn dan mengirimkan pesan terima kasih di sana.

Kirim materi tindak lanjut

Selain menyampaikan ucapan terima kasih, Sullivan menyarankan untuk mengirimkan materi pendukung, seperti contoh-contoh projek yang mungkin dibahas selama wawancara.

Ini dapat memperkuat argumen kamu dan membantu mempengaruhi keputusan pewawancara.

Baca juga: 3 Cara Jawab Pertanyaan soal Ekspektasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Menahan diri dari keinginan untuk mengulang kembali

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com