Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Torhill, Sepatu yang Menjembatani Clarks dengan Generasi Masa Kini

Kompas.com - 18/10/2023, 17:04 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Dengan usia hampir 200 tahun, brand sepatu Clarks memiliki sangat banyak desain sepatu klasik yang pernah populer di jamannya.

Bagi penggemar sepatu kulit tradisional, hal itu tentu menggembirakan. Namun bagaimana dengan generasi muda yang ingin tampil lebih kasual dan modern?

Memang dalam dua dekade terakhir, kehadiran brand sepatu asal Inggris itu tidak seheboh tahun 60-an hingga 90-an. Memasuki tahun 2000-an, Clarks lebih kerap ditemukan sebagai sepatu sekolah.

Kenyataan tersebut membuat Clarks berusaha kembali memasuki budaya dunia dengan melakukan pengembangan strategi di seluruh perusahaan, termasuk merilis seri-seri baru yang lebih modern dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Apalagi setelah tahun 2021, perusahaan ekuitas swasta LionRock Capital Partners mengakuisisi Clarks dengan nilai mencapai 1,9 triliun rupiah, yang menjadi momen Clarks untuk bersinar lagi.

Kebangkitan ini merupakan waktu yang tepat untuk mendorong tren budaya mengingat sekarang Gen Z mengadopsi dan mengenakan berbagai gaya busana yang lebih kasual namun berani.

Sepatu Clarks Torhill Bee Sepatu Clarks Torhill Bee
Untuk memanfaatkan throwback ini, Clarks merilis sepatu Torhill yang menjadi rilis terbesar brand tersebut tahun 2023.

Peluncuran Torhill merupakan hal yang penting bagi Clarks dan digambarkan sebagai “ikon baru untuk generasi mendatang, dibuat untuk menjembatani kesenjangan antara generasi lama dan generasi baru”.

Hal ini cukup beralasan karena seri Torhill terinspirasi dari koleksi ikonik Clarks, yaitu model Wallabee, namun dilengkapi dengan sol tinggi bergaris-garis yang memberi kesan modern.

Menurut Clarks, Torhill adalah “siluet arsip yang diubah untuk dunia di masa depan. Terinspirasi oleh profil Big Gripper tahun sembilan puluhan, produk klasik ini memadukan gaya sporty santai dengan kredensial fashion-forward yang berani," cocok untuk gen Z dan generasi lainnya yang suka tampil keren.

Baca juga: Kisah Sepatu Clarks, Berawal dari Selop Berbahan Kulit Sisa

Sepatu Clarks Torhill Maple Sepatu Clarks Torhill Maple
Seperti disebutkan di atas, Torhill memiliki ciri sol besar bergaris vertikal yang menonjolkan kenyamanan, sementara bagian atas berbahan kulit dan suede dengan model jahitan moccasin yang mengingatkan kita pada Wallabee.

Baca juga: Mengenal Wallabee, Sepatu Ikonik dari Clarks

Kampanye peluncurannya menampilkan salah satu bintang muda Hollywood yang sedang ngetop, Jabari Banks, seorang aktor, musisi dan aktivis dari Philadelphia.

Banks terkenal karena perannya sebagai Will Smith dalam reboot Bel-Air Peacock. Penampilannya dalam acara tersebut membuatnya mendapatkan nominasi dalam kategori “Aktor Luar Biasa dalam Serial Drama” pada NAACP Image Awards 2023, dan “Aktor Terbaik” pada penghargaan BET 2022.

Sepatu Clarks Torhill SeamKompas.com/Wisnubrata Sepatu Clarks Torhill Seam
Bersamaan dengan peluncuran Torhill, Clarks juga meluncurkan kampanye ‘For The World Ahead,’ sebagai pernyataan bahwa Clarks tidak hanya merupakan merek alas kaki namun juga merek yang sadar akan perkembangan dunia dan berniat memberikan kontribusi positif terhadap dunia.

Di Indonesia, Clarks Indonesia menggandeng Fathia Izzati sebagai anggota baru Clarks Collective, dalam kampanye For The World Ahead.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com