Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JMFW 2024 Resmi Digelar, Dibuka dengan Penampilan 9 Jenama Modest

Kompas.com - 19/10/2023, 18:35 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 resmi digelar di ICE BSD, Tangerang, mulai Kamis (19/10/2023).

Acara ini dibuka dengan penampilan 9 jenama modest fashion seperti Bellabaric by Najua Yanti, Zeta Prive, Irna La Perle Sasirangan Kalimantan Selatan X PT Andalan, Qnanz, Aden Hijab, Magdara X Riana Meilia, Nada Puspita, Muda, dan Buttonscarves.

Mereka tampil menyuguhkan beragam rancangan spesial di JMFW 2024 bertema 'Discover Indonesia Modest Fashion Excellence'.

Salah satunya Najua Yanti, desainer sekaligus founder dari jenama Bellabaric mengatakan, sengaja menyuguhkan sesuatu yang berbeda untuk gelaran JMFW tahun ini.

Baca juga: Ini SMK dan Kampus yang Ikut Ramaikan Jakarta Muslim Fashion Week 2023 

Koleksi busana Najua Yanti di JMFW 2024KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi busana Najua Yanti di JMFW 2024

"Temanya busana kali ini terinspirasi dari maestro pelukis Indonesia Mochtar Apin yang terkenal dengan desain motif kubisme yang ikonik,"

"Saya merefleksikan ide mulai dari detailnya, printing, cutting dari tema abstrak geometrik ke dalam busana," jelas Najua Yanti saat ditemui Kompas.com di ICE BSD, Tangerang.

Di samping itu, ada pula jenama Nada Puspita yang menampilkan koleksi terbarunya dalam balutan busana modest yang lebih fresh dan feminin dengan bahan satin yang lebih flowly.

Tak ketinggalan, jenama fesyen Buttonscarves juga membuka gelaran JMFW 2024 dengan koleksi busana yang lebih chic, perpaduan warna-warna nyentrik dan koleksi motif pattern yang khas.

Lebih dari itu, JMFW kali ini berfokus pada penguatan ekosistem modest fashion nasional.

Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga berharap ajang ini bisa terus memainkan peran strategis dalam memajukan industri mode, khususnya di lini modest fashion.

"Melalui ini, saya berharap JMFW 2024 dapat menjadi barometer tren modest fashion di Indonesia dan secara global,"

"Karena itu, kami mendorong produk dalam negeri untuk terus berproduksi dan menghasilkan karya dengan kualitas terbaik," ujar Jerry di kesempatan Opening Ceremony JMFW 2024.

Baca juga: JMFW 2024 Siap Digelar, Indonesia Optimis Jadi Ikon Modest Fashion 

Koleksi Nada Puspita di JMFW 2024KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Koleksi Nada Puspita di JMFW 2024

Acara ini digelar pada 19-21 Oktober 2023 ini mengusung konsep keberlanjutan yang diharapkan banyak anak muda yang tertarik dengan modest fashion. Dengan demikian, konsep gelaran mode ini bisa lebih besar di Indonesia.

JMFW 2024 sendiri diikuti oleh beberapa asosiasi, mulai dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi), dan Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK).

Lalu ada Indonesian Fashion Chamber (IFC), Rahasia Gadis, Hippindo, Aprindo, serta sebanyak 202 pelaku usaha yang bergerak di bidang modest fashion, aksesori, dan kosmetik.

Baca juga: Warna Cerah hingga Motif Monogram Bakal Jadi Tren Modest Fashion 2023 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com