Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Makanan Sumber Beta-Karoten dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kompas.com - 22/10/2023, 11:09 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ingat lelucon lama tentang alasan mengapa kita tidak pernah melihat kelinci memakai kacamata? Karena mereka suka makan wortel!

Meskipun kalimat di atas sekedar lelucon, namun memang benar wortel mengandung banyak nutrisi beta-karoten yang baik untuk penglihatan.

Tapi tentunya masih ada sumber lain di samping wortel. Banyak buah-buahan dan sayuran yang juga merupakan sumber beta-karoten dengan manfaat lebih dari sekadar membantu penglihatan.

“Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A di tubuh kita,” jelas ahli gizi Carly Sedlacek, RD, LD. “Ini adalah sumber antioksidan yang bagus dan juga kaya akan sifat anti-inflamasi.”

Baca juga: 3 Sumber Makanan Kaya Vitamin A yang Dapat Dimasukkan Dalam Menu Sehari-hari

Apa itu beta-karoten?

Beta-karoten adalah sejenis nutrisi yang dikenal sebagai karotenoid. Makanan tinggi beta-karoten dan karotenoid cenderung memiliki warna yang dalam dan kaya. Tapi beta-karoten tidak hanya membuat isi piring terlihat seperti pelangi.

Beta-karoten adalah jenis karotenoid khusus yang dikenal sebagai karotenoid provitamin A, yang pada dasarnya adalah prekursor atau zat sumber dari vitamin A.

“Saat diserap di tubuh, beta-karoten berubah menjadi vitamin A,” jelas Sedlacek.

Manfaat Beta-carotene

Beberapa makanan seperti daging, ikan, dan produk susu mengandung sumber vitamin A yang disebut pre-formed A, sedangkan karotenoid provitamin A seperti beta-karoten berasal dari berbagai macam makanan nabati.

Jadi, beta-karoten memberi tubuh semua manfaat yang ada pada vitamin A ditambah beberapa khasiat tambahan untuk meningkatkan kualitas tubuh:

1. Sifat antioksidan

Antioksidan seperti beta-karoten membantu melawan kerusakan tubuh pada tingkat sel karena membantu mencegah radikal bebas (molekul tidak stabil) menumpuk di tubuh dan menyebabkan stres oksidatif.

Ini sangat penting karena stres oksidatif dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan banyak lagi.

Jadi, pola makan kaya beta-karoten dan antioksidan lainnya dapat membantu menangkal penyakit kronis.

2. Anti inflamasi

Beberapa makanan kaya nutrisi dapat membantu menurunkan peradangan di seluruh tubuh, dan beta-karoten merupakan salah satu nutrisi yang memberikan manfaat anti inflamasi.

Peradangan di tubuh mirip dengan pembengkakan yang dialami setelah cedera. Pola makan sehat yang kaya nutrisi seperti beta-karoten dapat membantu mengendalikan respons peradangan tersebut.

3. Penglihatan yang sehat

Mungkin salah satu manfaat beta-karoten yang paling terkenal adalah pengaruhnya terhadap penglihatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com