Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 17:29 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cuaca panas bisa memicu banyak hama mencoba untuk masuk ke dalam rumah kita, salah satunya ular.

Menurut ahli ular dan pendiri Pest Control Weekly, A.H. David, gelombang panas dapat secara drastis mempengaruhi perilaku ular dan mendorongnya untuk mencari tempat yang lebih sejuk untuk bertahan hidup.

Dalam kasus ini, rumah kita dapat secara tidak sengaja memberikan kenyamanan atau tempat berlindung bagi ular.

Untuk mencegah hal itu terjadi, para ahli pun menjelaskan bagaimana cara ular masuk ke dalam rumah selama cuaca panas, seperti dikutip dari laman Best Life berikut ini.

1. Celah atau lubang
Kita akan terkejut melihat betapa mudahnya ular masuk melalui celah atau lubang di rumah saat hewan reptil ini mencari makanan atau mencoba mendinginkan diri.

"Ular bisa masuk ke rumah melalui celah di bawah pintu, lubang di sekitar saluran pipa atau stopkontak listrik, retakan pada dinding atau fondasi, atau celah lain yang tidak tertutup rapat," kata David.

Untuk mencegahnya, penasihat manajemen hama terpadu di PestSource, Bill Swank, pun menyarankan untuk menutup semua celah dan lubang apa pun yang berasal dari dinding rumah.

Baca juga: Apakah Menutup Gorden Saat Cuaca Panas Bikin Ruangan Lebih Sejuk?

2. Pintu dan jendela
Jika kita membiarkan pintu atau jendela terbuka selama cuaca panas, pada dasarnya kita mengundang ular untuk masuk ke dalam rumah.

Ular-ular ini tidak hanya memanfaatkan udara sejuk tapi juga kesempatan untuk mencari makanan yang mungkin ada di sekitar.

"Rumah-rumah tua dengan bingkai jendela yang longgar atau pintu yang tidak tertutup rapat dapat memberikan celah kecil bagi ular untuk merayap," terang David.

Jadi, penting untuk memperbaiki masalah struktural ini tidak hanya untuk mencegah hama, tetapi juga untuk memastikan ruangan di dalam rumah tetap aman.

3. Sumber air
Semua orang membutuhkan air untuk bertahan hidup, terutama saat cuaca panas. Dan ular mungkin menggunakannya sebagai jalan masuk ke rumah kita.

"Hama ini mungkin tertarik pada sumber air di dalam rumah, seperti pipa yang bocor, keran yang menetes, atau bahkan mangkuk air hewan peliharaan," kata Mustafa Tshash, salah satu pendiri How To Pets.

Selain itu, jangan kaget jika kita melihat ular di kolam renang. Itu adalah tempat yang sempurna baginya untuk mendinginkan diri dan tetap terhidrasi.

Baca juga: 9 Tips Mengusir Ular dari Rumah dan Sekitarnya

4. Sistem ventilasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com