Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2023, 18:44 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

 

KOMPAS.com - Area ketiak termasuk bagian tubuh yang sering kita perhatikan, entah itu memakai produk antibau badan atau mencukur bulu, khususnya pada perempuan.

Jika kita perhatikan, kulit di area ketiak cenderung lebih gelap dibanding area sekitarnya seperti kulit lengan atau dada.

Sebagian besar kulit ketiak yang gelap disebabkan karena pemakaian produk anti-bau badan yang mengiritasi. Namun, ada juga yang disebabkan karena faktor hormonal.

Penyebab lain adalah keringat berlebihan, iritasi karena proses pencukuran bulu ketiak, atau gesekan dengan pakaian.

Meski area ini jarang terlihat, tetapi kulit ketiak yang gelap dan kasar sering membuat kita tak percaya diri untuk memakai pakaian tanpa lengan.

Baca juga: Benarkah Face Cleanser Bisa Menghilangkan Bau Ketiak?

Salah satu cara untuk mencegah kulit menjadi lebih gelap adalah mengganti produk anti-bau badan yang tidak mengandung bahan-bahan penyebab iritasi.

Deorex extra whiteningKOMPAS.com/Aditya Mahendra Deorex extra whitening
Ini artinya, jika produk deodoran yang selama ini kamu pakai menyebabkan kulit jadi gelap, pertimbangkan untuk menggantinya.

Pilih produk anti-bau badan yang tidak mengiritasi kulit dan juga efektif menahan keringat dan mengurangi bakteri penyebab bau.

Baca juga: Bulu Ketiak Dicukur atau Dicabut, Mana yang Lebih Sehat?

Zat aktif pencerah kulit

Produk yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan dan keringat berlebih, sekaligus mengandung zat aktif untuk mencerahkan kulit juga bisa dipilih.

Deorex, produk body odorizer, memperkenalkan produk terbarunya yaitu Deorex Extra Whitening yang mengandung Niacinamide, Vitamin C, dan juga Chamomile.

Marketing Manager Deorex, Ekaputra Suhandojo menjelaskan, produknya tidak menyebabkan iritasi yang bisa membuat warna kulit menjadi hitam. Kandungan madu di dalamnya berfungsi untuk menghidrasi dan melembabkan kulit.

"Varian Extra Whitening ini juga mengandung Niacinamide 5 persen dan vitamin C yang bisa mencerahkan dan memudarkan noda hitam," katanya.

Baca juga: Mengenal Ragam Produk Anti-Bau Badan, Mana yang Efektif?

Kelebihan lain produk ini adalah mengandung teknologi masking fragrance yang mampu menetralisir bau badan menyengat secara cepat.

Meski begitu, perlu dipahami juga bahwa pada orang obesitas, kulit di area lipatan tubuhnya juga cenderung lebih gelap. Demikian juga pada penderita diabetes.

Untuk masalah kulit yang menjadi gelap karena penyakit tertentu sebaiknya tetap dikonsultasikan ke dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com