Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Afirmasi Positif untuk Kehidupan Pernikahan yang Lebih Bahagia

Kompas.com - 02/11/2023, 06:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Ketika menikah, kita bersama dengan pasangan membuat janji dan harapan untuk mengarungi masa depan yang lebih baik.

Sejak hari itu, kehidupan pernikahan kita juga mungkin telah tumbuh dan berubah dengan cara yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya.

Memberikan afirmasi- atau ucapan yang positif secara rutin, bisa menjadi salah satu cara untuk bertumbuh bersama sambil tetap menghormati hal-hal yang telah disepakati dalam kehidupan pernikahan.

Baca juga: Tips Melatih Afirmasi Positif Setiap Hari demi Lebih Percaya Diri

Selain itu, afirmasi positif juga dapat memperkuat ikatan pernikahan, membantu menciptakan visi bersama untuk masa depan, serta meningkatkan kebahagiaan dalam rumah tangga.

Afirmasi positif untuk pernikahan yang lebih bahagia

Nah, untuk berfokus membangun kehidupan pernikahan yang lebih bahagia, simak rekomendasi afirmasi positif dari para ahli sebagai berikut.

1. "Saya selalu menghargai keunikan dan merayakan perbedaan kita sebagai individu."

Adalah hal yang sangat berarti untuk melihat pasangan kita apa adanya dan semua hal yang membuatnya unik.

Dengan memberikan afirmasi ini, kita menempatkan nilai pada kualitas-kualitas khusus yang dimiliki pasangan kita, bahkan yang terkadang dapat menyebabkan gesekan.

"Afirmasi ini menekankan pentingnya menghargai individualitas dalam sebuah pernikahan," jelas seorang life coach dan pendiri Life Architekture, Bayu Prihandito.

"Setiap orang itu unik, dan terkadang, perbedaan itu bisa menimbulkan kesalahpahaman atau konflik."

"Dengan menghargai dan merayakan perbedaan-perbedaan ini, pasangan dapat menumbuhkan pemahaman dan penghargaan yang lebih dalam satu sama lain, yang mengarah pada hubungan yang lebih harmonis dan memuaskan," terangnya.

2. "Saya berkomitmen untuk menumbuhkan hubungan dengan cinta, rasa hormat, dan kebaikan."

Untuk memiliki pernikahan yang bertahan dalam ujian waktu, maka kita harus bisa tumbuh bersama- sebuah usaha yang membutuhkan lebih banyak rasa hormat, kebaikan, dan kesabaran daripada yang mungkin kita sadari.

"Afirmasi ini berfungsi sebagai pengingat harian akan upaya berkelanjutan yang diperlukan untuk membina pernikahan," kata Bayu.

"Hal ini menunjukkan pentingnya cinta, rasa hormat, dan kebaikan sebagai bahan penting untuk kemitraan yang bahagia dan sehat," ungkapnya.

Menurut dia, penting juga untuk mencoba merangkul setiap fase baru dalam hidup bersama pasangan, karena apa pun bisa saja terjadi.

"Dengan menegaskan perjalanan bersama, kita dapat membangun lingkungan yang mendukung di mana kedua pasangan merasa dihargai, didengar, dan dimengerti, sehingga memperkuat keintiman dan ikatan emosional mereka," tambahnya.

Baca juga: Manfaat Afirmasi Positif bagi Diri dan Cara Mempraktikkannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com