Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Sosial Pemicu Gangguan Kesehatan Mental, Ini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/11/2023, 10:58 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Meski kehadiran media sosial berdampak positif dalam hal kemudahan komunikasi, tetapi pengelolaan informasi yang buruk bisa mendatangkan dampak negatif bagi individu.

Salah satunya adalah timbul perasaan rendah diri karena membandingkan diri dengan orang lain yang tampak lebih bahagia dan sukses di media sosial.

Menurut dokter spesialis kesehatan jiwa, Prof. Dr. dr. Tjhin Wiguna, Sp.KJ (K), beberapa faktor tersebut dapat memicu perasaan rendah diri hingga tidak puas dengan apa yang dimiliki.

"Bagi yang bisa menerima mungkin tidak masalah, tetapi kekeliruan menerima dan memproses pesan dari media sosial bisa memicu tekanan tersendiri," jelas dokter Tjhin saat ditemui Kompas.com, di acara deklarasi Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa di Jakarta (14/11/2023).

Baca juga: 3 Penyebab Anak dan Remaja di Indonesia Darurat Kesehatan Jiwa 

Untuk menghindari efek buruk media sosial bagi kesehatan mental, Prof. Tjhin mengimbau agar setiap generasi muda mampu mengelola informasi dengan baik.

Berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan:

Menyadari setiap orang memiliki keunikan masing-masing

Konten-konten kemewahan, kesuksesan atau hal lainnya yang selalu muncul di media sosial sebaiknya tidak perlu ditelan mentah-mentah. Pahamilah kalau setiap orang itu memiliki keunikan masing-masing.

"Buat yang menerima tentu harus bisa belajar untuk menyadari, dan mengerti kalau setiap orang memiliki keunikan tersendiri, keunikan secara personal."

"Itu semua tidak bisa dirujuk buat diri kita yang melihat konten tersebut sehingga jangan menggeneralisasikan pengalaman orang lain menjadi pengalaman diri sendiri," paparnya.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur agar Kesehatan Mental Lebih Baik

Ilustrasi strespexels.com Ilustrasi stres

Hindari membanding-bandingkan

Media sosial seringkali menjadi "panggung" yang banyak memunculkan momen-momen kesenangan, kesuksesan dan banyak hal positif lainnya.

Ingatlah, apa yang terjadi atau diunggah di media sosial mungkin saja tidak selalu mencerminkan kehidupan orang lain.

Prof. Tjhin menyebut, satu hal yang bisa memperkeruh situasi adalah kebiasaan membanding-bandingkan pengalaman orang lain yang dibagikan di media sosial.

"Membandingkan pengalaman hanya membuat kita semakin terpuruk, kok dia bisa begini, dia bisa begitu, kok saya begini."

"Jangan pernah membanding-bandingkan, kenapa? Karena setiap orang punya pengalaman tersendiri yang tidak bisa disamakan dengan pengalaman kita. Membandingkan pengalaman saja sudah merujuk pada personifikasi, merujuk kepada diri kita dan itu bermasalah," paparnya.

Baca juga: Mengapa Manusia Suka Pamer?

Evaluasi diri dan sesuaikan dengan kondisi

Paparan terus-menerus terhadap berita dan informasi yang bermuatan negatif di media sosial dapat meningkatkan tingkat kecemasan, rasa bersalah, hingga depresi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com