Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2023, 12:23 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para ibu pasti sering mendengar betapa banyak manfaat dari madu. Banyak orangtua yang mencari alternatif untuk pengganti gula biasanya akan memilih madu.

Namun, ibu wajib tahu bahwa bayi berusia di bawah satu tahun tidak boleh mengonsumsi madu. Ini bisa menyebabkan botulisme, jenis keracunan makanan.

Bayi sebaiknya tidak mengonsumsi madu dalam bentuk apapun, bahkan yang telah dimasak atau dipanggang. Termasuk biskuit madu.

Botulisme

Botulisme bayi disebabkan oleh paparan spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat tumbuh dan berkembang di usus bayi.

Ini menghasilkan racun berbahaya yang menyebabkan botulisme pada bayi, terutama pada usia di bawah enam bulan. Spora ini juga dapat ditemukan di berbagai sumber, seperti tanah atau debu.

Orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua biasanya memiliki pertahanan usus yang mencegah spora ini berkembang biak.

Baca juga: 6 Manfaat Madu Mentah bagi Kesehatan

Gejala-gejala botulisme pada bayi

  • Kelemahan atau kelumpuhan tubuh secara keseluruhan
  • Makan dengan lambat
  • Sembelit
  • Kehilangan ekspresi wajah
  • Berkurangnya refleks muntah

Madu sering dianggap lebih sehat daripada gula karena mengandung sejumlah kecil vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, dan flavonoid.

Namun, untuk memperoleh manfaat nutrisi ini, konsumsi madu harus bijak, karena madu tetap merupakan sumber gula dengan kalori tinggi.

Konsumsi berlebihan dapat berkontribusi pada risiko resistensi insulin, pradiabetes, dan diabetes tipe 2.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan untuk tidak memberikan gula tambahan kepada anak di bawah usia 2 tahun.

Namun, gula yang secara alami terdapat dalam buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, atau produk susu dianggap sebagai gula yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Baca juga: Tips Mengatasi Madu yang Mengkristal

Saat balita mencapai usia dua tahun, AAP merekomendasikan batas konsumsi tidak lebih dari 25 gram atau 6 sendok teh gula tambahan setiap hari.

Dalam konteks ini, madu dapat digunakan sebagai pengganti gula selama tidak melebihi jumlah yang disarankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com