Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 12:37 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seringkali kita malas untuk pergi ke gym atau berolahraga di rumah. Kesibukan yang padat membuat olahraga menjadi aktivitas yang sering dihindari.

Namun, hal ini bisa membuat perut menjadi buncit dan bergelambir. Tentu saja, hal ini mengganggu penampilan kamu.

Meskipun tidak mungkin mengurangi lemak secara spesifik di area perut, ada cara untuk mencapai perut yang lebih rata dengan mengurangi persentase lemak tubuh secara keseluruhan.

Latihan sirkuit

Jika kamu ingin mengembangkan otot dan membakar lemak secara bersamaan, lakukanlah program latihan sirkuit selama tiga hari setiap minggu.

Caranya cukup mudah. Libatkan seluruh tubuh dalam gabungan latihan, seperti lunge, push-up, dan pull-up, dengan melakukan satu set berisi 15 pengulangan untuk setiap latihan.

Pastikan untuk menambahkan aktivitas lompat tali selama satu menit setelah setiap latihan. Dengan rutinitas ini, kamu dapat membakar sekitar 500 hingga 600 kalori tiap sesi latihan.

Lakukan latihan otot perut

Jika kamu mencari cara efektif untuk mengurangi lemak perut dengan cepat, tambahkan latihan otot perut ke dalam rencana pengecilan perut kamu. Lakukan ini tiga kali dalam seminggu.

Lakukan tiga set crunch, sit-up dan angkat kaki sambil berbaring, masing-masing dengan 20 kali pengulangan. Selain itu, sertakan juga plank dengan menahan tubuh dalam posisi push-up menggunakan siku selama 30 hingga 60 detik, selama empat set.

Baca juga: 10 Latihan untuk Menghilangkan Perut Buncit

Makan sehat

Penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi selama periode ini agar perubahan yang diinginkan dapat terjadi. Pilihlah makanan alami seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ayam, daging tanpa lemak, ikan, serta produk susu rendah lemak.

Gantilah makanan olahan yang tinggi gula dengan opsi makanan yang lebih sehat dan alami. Dengan memperhatikan pola makan yang seimbang dan bergizi, kamu dapat memberikan kontribusi positif pada perubahan gaya hidup dan kesehatan kamu.

Hindari garam

Untuk menghindari retensi air atau kondisi ketika tubuh mengalami kelebihan cairan disarankan untuk mengurangi asupan natrium.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menghindari konsumsi garam. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan bumbu dan rempah-rempah lain untuk memberi rasa pada makanan.

Minum air putih

Pastikan untuk minum cukup air untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ini tidak hanya akan memberikan manfaat untuk kulit yang bersinar, tetapi juga dapat mendukung usaha mengecilkan perut.

Minum air putih yang mencukupi tidak hanya berarti mengonsumsi sejumlah besar air dalam sehari, tetapi juga mempertimbangkan minuman sehat lainnya, seperti teh hijau yang kaya antioksidan, serta jus sayur dan buah segar.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Jauhi alkohol

Alkohol dapat menyebabkan perut terasa kembung. Untuk menghilangkan perut buncit, disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol setidaknya selama seminggu ini.

Dengan mengurangi atau menghindari alkohol, kamu dapat membantu mengurangi pembengkakan pada perut dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan.

Hindari stres

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan produksi hormon tertentu yang disebut kortisol secara berlebihan, yang mendorong penambahan berat badan di sekitar area perut. Jadi cobalah untuk tetap tenang.

Baca juga: Risiko Kesehatan Bagi Pemilik Perut Buncit dan Cara Mengecilkannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com