Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Pengobatan Rumahan untuk Kaki Bengkak Selama Kehamilan

Kompas.com - 24/11/2023, 10:20 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Pembengkakan pada kaki hanya satu dari sekian hal yang kurang menyenangkan selama kehamilan.

Walaupun pembengkakan pada kaki mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi tentu saja bisa membuat kita merasa tidak nyaman atau terganggu.

Pembengkakan pada kaki saat hamil biasanya terjadi terjadi menjelang akhir kehamilan. Berikut periode yang terjadi saat kehamilan:

  • Trimester pertama

Pada periode ini, peningkatan hormon progesteron, yang secara harfiah berarti "pro kehamilan," dapat membuat pencernaan melambat. Ini bisa menyebabkan perut kembung bahkan sebelum benjolan bayi terasa.

Mungkin juga terjadi sedikit pembengkakan di tangan, kaki, atau wajah, meskipun tidak terlalu signifikan.

Jika kamu melihat pembengkakan yang mencolok pada tahap ini, terutama jika disertai gejala seperti pusing, sakit kepala, atau pendarahan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan.

Baca juga: Cara Alami Atasi Rasa Mual Ibu Hamil di Pagi Hari

  • Trimester kedua

Trimester kedua dimulai pada minggu ke-14 kehamilan, sekitar awal bulan ke-4. Tidak aneh jika kamu mulai merasakan pembengkakan pada kaki sekitar bulan ke-5 kehamilan, terutama jika sering berdiri atau dalam cuaca panas.

Pembengkakan ini disebabkan oleh peningkatan volume darah dan cairan dalam tubuh. Ini meningkat sekitar 50 persen selama masa kehamilan.

Meskipun ini mungkin membuat cincin dan sepatu agak sesak, cairan tambahan ini membantu mempersiapkan tubuh kamu untuk persalinan. Jangan khawatir, cairan ekstra ini akan berkurang setelah bayi lahir.

  • Trimester ketiga

Dimulai pada minggu ke-28 kehamilan, trimester ketiga adalah waktu yang paling umum untuk mengalami pembengkakan pada kaki.

Terutama menjelang minggu ke-40, jari-jari kaki mungkin terlihat lebih penuh dan tubuh kamu akan terus membangun pasokan darah dan cairan. Ini akan menyebabkan pembengkakan.

Pertambahan berat rahim juga dapat memperlambat aliran darah dari kaki kembali ke jantung, meskipun ini tidak berbahaya, tapi ini akan terasa tidak nyaman.

Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan kaki bengkak saat hamil:

  • Cuaca panas
  • Ketidakseimbangan pola makan
  • Asupan kafein
  • Tidak minum cukup air
  • Berdiri dalam waktu yang lama

Meski begitu, ada beberapa cara untuk mengurangi pembengkakan pada kaki. Berikut beberapa pilihan pengobatan rumahan yang dapat mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Kurangi asupan natrium

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan selama kehamilan adalah dengan membatasi asupan natrium (garam). Garam membuat tubuh menahan air lebih banyak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com