Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Pengering Tangan Justru Menyebarkan Kuman? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/11/2023, 11:17 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memang benar salah satu cara jitu untuk mencegah flu dan penularan virus adalah dengan sering mencuci tangan.

Namun tahukah kamu bahwa mesin pengering tangan yang biasanya disediakan di toilet umum ternyata tidak sebersih yang kita kira?

Penelitian menunjukkan bahwa high-speed jet air dryer justru menyebarkan kuman, bukan menghilangkannya. Hal yang sama juga berlaku pada pengering dengan udara hangat.

Faktanya, tisu kertas-lah yang paling aman dan efektif untuk mengeringkan setelah kita mencuci tangan.

Seorang dokter pengobatan keluarga, Daniel Allan, MD, menyebutkan, “Kita sering mengatakan bahwa mencuci tangan adalah kunci untuk mencegah penyebaran penyakit. Tetapi tangan yang basah meningkatkan risiko penularan bakteri, jadi mengeringkan tangan juga merupakan langkah pencegahan yang sama pentingnya.”

Maka dari itu, agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama lagi dengan menggunakan hand dryer, mari simak pemaparan berikut.

Baca juga: Tisu Kertas Lebih Efektif Lawan Korona Dibanding Mesin Pengering Tangan

Pentingnya mencuci tangan dan mengeringkannya

Mengingat tubuh memiliki hubungan erat dengan makanan, dan apapun yang masuk ke tubuh perlu dipastikan aman, maka industri kesehatan dan makanan terobsesi dengan kebersihan tangan.

Saat pandemi, penularan virus dan bakteri bisa menjadi persoalan hidup atau mati. Dan penyakit bawaan makanan seperti E. coli dan virus corona dapat membuat orang sakit parah dan bahkan kritis.

Karenanya, banyak penelitian berfokus pada teknik mencuci dan mengeringkan tangan yang baik dan sungguh-sungguh aman sehingga bisa ‘membersihkan’ dari paparan kuman.

Meski begitu, masih banyak ditemukan kepercayaan-kepercayaan mengenai hand dryer yang sesungguhnya bukan merupakan kebenarannya. Oleh karena itu, mari kita pisahkan fakta dan mitos dalam hal mengeringkan tangan.

Mitos: Pengering tangan membantu membunuh kuman

Fakta: Pengering tangan dapat menyebarkan virus dan bakteri

Mulai dari bandara, mal, salon kecantikan, hingga restoran, kebanyakan menyediakan mesin pengering tangan dalam beberapa tahun terakhir daripada lembaran tisu.

Sayangnya, para peneliti menemukan bahwa pengering tangan mekanis pada dasarnya dapat “membatalkan” fungsi mencuci tangan dalam menghilangkan kuman.

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2021 dimana beberapa orang mengenakan tisu kertas setelah mencuci tangan dan separuh lainnya menggunakan pengering udara, menemukan bahwa orang yang menggunakan pengering tangan memiliki lebih banyak virus di tangan dan barang yang mereka sentuh dibandingkan yang menggunakan tisu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com