Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kolagen secara Alami

Kompas.com - 25/11/2023, 16:31 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber realsimple


KOMPAS.com - Menurut Bianca Tamburello, RDN, seorang ahli diet, kolagen merupakan protein yang memberikan struktur pada otot, tulang, kulit, dan tendon.

Kolagen juga bermanfaat untuk mendukung organ tubuh, rambut, kuku, ligamen, mata, dan arteri.

Meskipun tubuh dapat memproduksi kolagen sendiri, faktor seperti paparan sinar UV dan penuaan dapat mengurangi produksinya.

Ada dua pendekatan efektif untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, yaitu dengan fokus pada asupan nutrisi yang mendukung produksi kolagen dan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Berikut makanan tinggi kolagen dan nutri penguat kolagen

Baca juga: Minum Kolagen Bisa Bikin Kulit Cerah? Ini Faktanya!

1. Ikan

Dalam hal meningkatkan produksi kolagen secara alami, ikan dapat dijadikan salah satu pilihan terbaik. Menurut penelitian, kolagen dari ikan terbukti efisien diserap tubuh.

"Salmon dari Chili sangat direkomendasikan karena kandungan lemak omega-3 yang tinggi dan menyediakan protein berkualitas dalam bentuk asam amino untuk mendukung produksi kolagen,” ungkap Tamburello

Pilihan bagus lainnya termasuk beberapa ikan yang lebih kecil, seperti ikan teri dan sarden, karena mereka dikemas dengan kulit, tulang, dan jaringan ikat yang masih utuh.

2. Jeruk

Vitamin C dapat membantu menjaga kolagen dalam tubuh dan memainkan peran penting dalam proses tubuh untuk membuat kolagen sendiri.

Hanya ada sedikit makanan yang mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buah jeruk seperti jeruk, lemon, jeruk bali, dan jeruk nipis

Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk segelas air lemon segar, menikmati setengah buah jeruk bali di waktu sarapan, atau meracik salad buah jeruk. Ini akan membantu mendukung kesehatan kulit, rambut, kuku, persendian, dan banyak lagi.

3. Telur

Telur, yang sering menjadi makanan favorit saat sarapan, mengandung prolin, seng, dan sulfur yang mendukung pembentukan kolagen dalam tubuh. Khususnya, kuning telur adalah sumber utama seng, sementara prolin dan sulfur lebih banyak terkonsentrasi dalam putih telur.

Sehingga, bagi yang menjaga asupan kolesterol, mereka bisa mengonsumsi putih telur. Mereka yang anya mengonsumsi putih telur tetap dapat merasakan beberapa manfaat peningkatan kolagen.

4. Buah beri

Stroberi, raspberry, acai, blueberry, cranberry, atau buah beri lezat lainnya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang sangat mendukung pembentukan kolagen.

Buah-buahan berair ini dapat dinikmati dalam berbagai cara, seperti dicampurkan dalam smoothie dan smoothie bowl, ditambahkan ke oatmeal, disusun dalam parfait yogurt, disertakan dalam salad gurih, digunakan sebagai bahan selai buatan sendiri, dan banyak lagi.

Baca juga: 4 Manfaat Kolagen yang Bantu Turunkan Berat Badan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com