Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendah Kalori, Timun Bisa Jadi Makanan Penurun Berat Badan

Kompas.com - 04/12/2023, 12:46 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timun atau mentimun merupakan buah yang menghidrasi dan sering kali ditambahkan ke dalam berbagai hidangan untuk memberikan kesegaran, seperti salad, sandwich atau burger, hingga acar.

Tak hanya itu, timun juga diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral yang mampu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, serta kesehatan.

Tapi, kira-kira berapa banyak kalori yang diberikan oleh buah yang renyah dan menghidrasi ini dalam setiap gigitannya? Dan apakah kita bisa memasukkannya ke dalam diet untuk menurunkan berat badan?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, seorang ahli diet olahraga terdaftar di Garage Gym Reviews, Destini Moody, RDN, CSSD, LD, menjelaskan sebagai berikut.

Berapa banyak kalori yang terkandung dalam timun?

Jika kita mencari makanan atau camilan yang padat nutrisi dan rendah kalori untuk dinikmati sambil menurunkan berat badan, maka timun bisa menjadi salah satu pilihannya.

Menurut USDA, 100 gram mentimun mentah hanya mengandung 15 kalori. Jumlah yang rendah ini disebabkan karena timun terdiri dari sekitar 96 persen air.

Ditambah lagi, mentimun mengandung 1 gram serat per 100 gram, yang dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu mengendalikan nafsu makan dan berpotensi mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

"Mentimun sebagian besar terdiri dari air, yang berarti mentimun dapat mengisi banyak volume dalam perut tanpa menambahkan banyak kalori," jelas Destini.

"Perut mengenali berapa banyak yang ada di dalamnya, bukan berapa banyak kalori yang dikandungnya, jadi mengonsumsi makanan bervolume tinggi dan rendah kalori adalah cara yang sangat baik untuk menurunkan berat badan," terangnya.

Baca juga: 5 Manfaat Luar Biasa dari Kebiasaan Makan Mentimun

Cara sehat menikmati timun untuk penurunan berat badan

Timun adalah pilihan yang lezat, bergizi, dan serbaguna untuk menurunkan berat badan. Destini pun membagikan tiga tips mendapatkan manfaat penurunan berat badan buah ini.

1. Kombinasikan timun dengan cocolan berprotein tinggi

Tingkatkan profil nutrisi timun dengan memadukannya dengan cocolan berprotein tinggi seperti tzatziki berbahan dasar Greek yogurt atau hummus untuk menciptakan camilan yang mengenyangkan dan penuh protein.

Kombinasi irisan timun yang renyah dan cocolan yang kaya protein akan menambah variasi dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga menjadi pilihan yang sehat bagi mereka yang ingin memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam program penurunan berat badan.

"Campurkan sedikit bubuk bawang putih ke dalam Greek yogurt tawar dan gunakan sebagai cocolan untuk irisan mentimun mentah," kata Destini.

"Protein dalam yogurt akan meningkatkan rasa kenyang, atau perasaan kenyang, sehingga menjadi camilan yang menyegarkan dan memuaskan," ujar dia.

2. Menambahkan timun ke dalam salad

Menurut Destini, memotong timun dan menaruhnya di atas salad sayuran yang penuh dengan protein nabati bisa sangat membantu proses penurunan berat badan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com