Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendah Kalori dan Tinggi Serat, Buah Pisang Cocok Jadi Makanan Diet

Kompas.com - 08/12/2023, 13:01 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memperhatikan kembali kebiasaan makan kita sehari-hari adalah langkah awal yang sangat baik dalam proses penurunan berat badan.

Terlebih, pola makan sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran segar juga telah terbukti secara ilmiah dapat membantu mengurangi lemak yang menumpuk.

Namun, untuk mendapatkan berat badan yang lebih sehat, kita tidak hanya sekadar mengurangi daftar belanja, tetapi juga berarti mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar setiap hari.

Untungnya, ada banyak sekali makanan rendah kalori yang mampu membantu kita menurunkan berat badan dan juga sangat mudah untuk didapatkan, seperti buah pisang.

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, ahli gizi sekaligus pendiri Melissa Mitri Nutrition, Melissa Mitri, MS, RD, pun menjelaskan lebih lanjut mengenai kandungan nutrisi di dalam pisang dan manfaatnya untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Baik untuk Hipertensi, Rutin Makan Pisang Bantu Turunkan Darah Tinggi

Nutrisi dalam buah pisang

Satu buah pisang yang matang atau agak matang mengandung 113 kalori.

Pisang juga kaya akan mineral seperti magnesium (32 mg), fosfor (25 mg), dan kalium (375 mg), serta serat (2 g), menjadikannya tambahan yang ideal untuk diet sehat apa pun.

"Pisang adalah buah yang sangat bergizi dengan berbagai manfaat kesehatan," jelas Melissa.

"Sayangnya, banyak orang yang takut akan buah ini karena mereka berpikir bahwa buah ini mengandung karbohidrat yang terlalu tinggi, padahal hal ini tidak benar," ungkapnya.

Faktanya, menurut Melissa, karbohidrat dalam pisang memberikan dorongan energi yang cepat dan efisien sebelum berolahraga dan juga kaya akan serat makanan untuk membantu menyeimbangkan gula darah.

"Ini bukanlah jenis karbohidrat dan gula yang perlu kita khawatirkan, karena ini adalah gula alami yang dibutuhkan tubuh kita untuk energi," terangnya.

Ia juga menegaskan bahwa buah pisang menawarkan banyak kalium, elektrolit yang mendukung tingkat tekanan darah yang sehat dan jantung yang kuat, di samping vitamin dan mineral penting lainnya seperti vitamin C, vitamin B, dan magnesium.

Baca juga: Pisang Bisa Menambah Berat Badan, Benarkah?

Manfaat makan pisang untuk menurunkan berat badan

Pisang menawarkan serat makanan, yang menurut penelitian merupakan elemen penting dalam menurunkan berat badan yang sehat, karena membantu mengenyangkan dan mencegah ngemil yang tidak sehat.

"[Pisang] juga cukup rendah kalori, membuatnya mudah untuk dimasukkan ke dalam diet rendah kalori," kata Melissa.

Menikmati pisang saat sarapan, sebelum berolahraga, atau sebagai camilan adalah beberapa cara terbaik untuk memasukkan buah ini ke dalam diet penurunan berat badan.

"Makan satu buah pisang di pagi hari akan meningkatkan serat dan rasa kenyang pada sarapan, sehingga membantu menahan rasa lapar sepanjang hari," jelas dia.

"Makan pisang sebelum berolahraga akan memberikan sumber energi yang cepat sehingga kita dapat memaksimalkan latihan dan potensi pembakaran kalori tubuh."

"Terakhir, pisang merupakan camilan yang nyaman dan penuh serat yang dapat dibawa ke mana pun kita pergi," imbuhnya.

Baca juga: Menakar Manfaat Pisang dari Warna Kulitnya, Begini Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com