Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Membedakan Gen Z dari Milenial? Coba Gunakan Tes TikTok Ini

Kompas.com - 13/12/2023, 11:18 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dengan banyaknya generasi yang hidup berdampingan, mungkin banyak dari kita yang kesulitan membedakan generasinya, terutama antara Gen Z dan Milenial.

Sesungguhnya, hal tersebut dapat diketahui dengan berbagai cara termasuk dari kebiasaan seperti cara menutup telepon, jenis jeans apa yang kita pakai, dan bagaimana cara membuat tanda hati dengan tangan.

Menurut teori yang ditayangkan di TikTok, gestur tersebut dapat menjadi tanda seseorang termasuk generasi kyang mana. Hal ini menunjukkan bahwa cara meniru tindakan sederhana ini menggambarkan perbedaan perilaku antara generasi milenial dan gen Z.

Baca juga: Benarkah Gen Z dan Milenial Tak Lagi Tertarik Punya Anak?

Bagaimana cara membedakan Gen Z dan Milenial menurut teori TikTok

Meskipun mungkin sekarang sudah banyak yang menggunakan cara ini untuk mengetahui apakah seseorang merupakan gen Z atau milenial, namun sesungguhnya teori ini bermula dari video TikTok yang diposting oleh @ludknee yang kini telah menghasilkan 1666 komentar.

Netizen ini mempraktikkan tes tersebut pada temannya untuk mengetahui dia berasal dari generasi mana dan meminta temannya tersebut untuk menirukan serangkaian gerakan sederhana seperti menutup telepon, mengambil foto, dan membuka jendela mobil.

Selanjutnya, dia bertanya untuk melihat jeans apa yang dikenakan temannya yang ternyata juga bisa menjadi petunjuk dari generasi mana mereka berasal karena generasi Milenial konon lebih menyukai skinnies, sedangkan Gen Z cenderung memilih gaya yang lebih longgar.

@ludknee Testing my bestfriend to see if she’s a Millennial or Gen Z ???? #capcut #fy #fyp #fyp? #fyp??viral????tiktok #blktiktok #blkgirltiktok #trendingsong #trendingvideo #templatecapcut #millennial #millennialsoftiktok #millennials #millennialstyle #genz #genzhumor #millennialhumor #genzvsmillenial #millennialvsgenz #genzstyle #genzlife #genzie #bestfriends #bestie #besties #bestiegoals #bestiesforever #bestiesfortheresties #bestfriendscheck #bestfriendchallenge ? Beautiful - SHYY BEATS

Dapat disimpulkan dari video bahwa generasi milenial cenderung menirukan gerakan memakai telepon rumah, memegang kamera dengan kedua tangan sambil berpura-pura menekan tombol, dan menurunkan kaca jendela mobil secara manual.

Sementara itu, Generasi Z memiliki pendekatan yang lebih modern dalam meniru tindakan ini. Mereka menggunakan telapak tangannya untuk menunjukkan bahwa dia seolah memegang ponsel --bukan telpon rumah, sementara untuk menurunkan kaca jendela mobil, mereka juga seakan menekan tombol, bukan memutar tuas layaknya mobil di zaman milenial.

Lalu jika diminta membuat lambang jantung hati dengan tangannya, generasi Z akan melakukan pose yang lebih rumit dibanding milenial.

Menurut Lifestyle Asia, video tersebut dengan cepat menjadi viral, ditonton 5 juta kali hanya dalam beberapa hari, dan kini juga telah diikuti ataupun digunakan oleh banyak pengguna tiktok lainnya.

Pada akhirnya, video TikTok yang viral ini telah menyadarkan banyak orang akan perbedaan lucu antara Gen Z dan Milenial, yang semata-mata merupakan perbedaan kebiasaan dan sifatnya hiburan, bukan mendefinisikan dengan pasti generasi mereka.

Jadi bagaimana dengan kalian? Lebih sering melakukan ciri Gen Z atau Milenial?

Baca juga: Model Pakaian yang Sering Dibeli Online oleh Gen Z dan Milenial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com