Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melatih Motorik Anak Sambil Bermain dan Belajar Memerah Susu

Kompas.com - 16/12/2023, 14:22 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengenalkan anak pada asupan nutrisi seperti susu sejak dini dapat menjadi langkah penting bagi orangtua dalam mendukung tumbuh kembangnya.

Salah satu caranya orangtua bisa mengajak buah hatinya untuk bermain sekaligus belajar memahami bagaimana susu itu diproduksi dari hulu ke hilir sampai siap untuk dikonsumsi.

Kegiatan edukatif dan menghibur inilah yang digagas Youreka Kids Farm (Edutainment Playground), di Kuningan City, Jakarta yang berkolaborasi dengan produsen susu.

Kolaborasi ini ditunjukkan melalui area bermain yang disebut "MilkLife Cow Barn".

Di area ini, anak-anak di usia 2 hingga 10 tahun bisa mendapatkan keterampilan praktis terkait pemahaman sumber makanan dan nutrisi penting, melatih motorik, hingga pemahaman pentingnya mengenal produk susu berkualitas serta edukasi terkait nilai gizi dan nutrisi dari susu.

Baca juga: Optimalkan Perkembangan Anak dengan Stimulasi Tepat di Periode Emas

Ada sejumlah area yang sengaja didesain dengan nuansa menyenangkan untuk bermain dan belajar.

Seperti kehadiran simulasi peternakan sapi yang dikemas dalam wujud animatronik berjumlah empat ekor.

Anak-anak bisa merasakan langsung bagaimana cara merawat sapi mulai dari memberi makan dengan rumput silikon, membersihkan sapi, hingga merasakan langsung proses memerah susu yang bermanfaat bagi perkembangan sensorik serta motoriknya.

Edukasi anak belajar memerah susu di Youreka Kids Farm, Kuningan City, JakartaKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Edukasi anak belajar memerah susu di Youreka Kids Farm, Kuningan City, Jakarta

Berbagai instalasi lainnya juga dikemas agar si kecil dapat mengeksplorasi imajinasinya, menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas serta memberikan peluang bagi anak dengan kegiatan seru melalui material yang aman.

"Kami percaya memiliki tujuan berharga dalam menjadikan tempat ini sebagai area yang tepat bagi anak-anak dan keluarga untuk bermain dan belajar bersama seiring perkembangan dan pertumbuhan fisik dan mental."

"Dengan penuh semangat kami mengembangkan pusat hiburan dan kegiatan anak-anak dengan konsep unik dan seru yang terinspirasi dari hiburan dan pembelajaran melalui pengalaman simulasi di dunia nyata dan diharapkan dapat berperan melayani anak-anak Indonesia untuk tumbuh dan berkembang lebih baik,"

Demikian kata Michael Ruly Atmadja, Direktur Youreka World saat ditemui Kompas.com dalam konferensi persnya di Jakarta, baru-baru ini.

Selepas bermain dan belajar mengenai cara memerah susu, anak-anak yang berpartisipasi bisa mendapatkan produk susu MilkLife untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Para orangtua juga tak perlu khawatir karena setiap kegiatannya akan dipandu pendamping profesional yang sudah terlatih.

Baca juga: Alergi Susu Sapi Berisiko Sebabkan Stunting pada Anak 

Edukasi anak belajar memerah susu di Youreka Kids Farm, Kuningan City, Jakarta, Jumat (15/12/2023).KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Edukasi anak belajar memerah susu di Youreka Kids Farm, Kuningan City, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Di kesempatan yang sama, Candy Lauw, Brand Manager (PT Global Dairi Alami) berharap, kolaborasi ini dapat berlangsung lebih lama karena MilkLife turut memiliki visi yang sama dengan Youreka untuk memprioritaskan asupan nutrisi bagi si kecil.

Selain memiliki banyak pilihan rasa, MilkLife juga memiliki varian bebas laktosa untuk penderita lactose intolerant.

Produk diformulasi melalui proses enzimatis sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang alergi laktosa serta memberikan rasa nyaman di perut.

“Kami merasa ini merupakan awal yang bagus dengan menyatukan visi dan misi kami bersama Youreka. Berbagai kegiatan yang ada diharapkan bisa terjalin lebih lama untuk memberikan kontribusi yang baik bagi anak-anak,” ucap Candy.

Di Youreka World sendiri, nantinya juga akan banyak keseruan aktivitas menarik di akhir tahun yang dikemas dengan berbagai program menarik untuk mengisi momen libur Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Riset Ungkap, Tidak Semua Susu Nabati Lebih Sehat dari Susu Sapi 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com