Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Memakai Cincin yang Perlu Diketahui Para Pria

Kompas.com - 16/12/2023, 15:25 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika melihat seseorang mengenakan cincin di jari manisnya, kebanyakan dari kita berpikir orang tersebut kemungkinan besar sudah menikah. Hal ini menunjukkan bahwa memakai cincin bukan sekedar gaya, namun ada makna dan aturan yang mendasarinya.

Sayangnya cukup banyak pria yang tidak paham tentang aturan ini, padahal sesungguhnya kita bisa memberikan kesan yang tepat dari pilihan cincin dan cara menggunakannya.

Nah, kita akan bersama-sama mengungkap aturan penting yang harus dipahami para pria saat mengenakan aksesori simbolis ini.

1. Pahami bahwa setiap cincin memberikan pesan tertentu

Mengenakan cincin menyampaikan pesan halus atau langsung tentang afiliasimu, seperti misalnya pekerjaan atau status sosial.

Secara historis, cincin sendiri melambangkan kekayaan dan pengaruh lewat kualitas permatanya yang menunjukkan kemakmuran.

Pemilihan jenis cincin sama pentingnya dengan di tangan mana kita akan mengenakan cincin tersebut. Mengenakan cincin di tangan dan jari tertentu akan menimbulkan tafsir yang berbeda di banyak budaya.

Dengan demikian, sangatlah penting untuk memperhatikan pesan yang disampaikan oleh cincinmu karena orang-orang memperhatikan dan menafsirkan isyarat halus ini meskipun mereka tidak menyuarakannya.

2. Perhatikan proporsi cincin

Aturan selanjutnya ini menggarisbawahi pentingnya ukuran dalam pemilihan cincin.

Tangan yang lebih besar sebaiknya menggunakan cincin yang juga lebih besar, sedangkan tangan yang lebih kecil lebih cocok untuk cincin yang lebih sederhana guna menjaga keharmonisan visual.

Pedoman ini juga mencakup ukuran jari dimana jari yang ramping disarankan untuk menggunakan cincin lebih tipis, sementara cincin yang lebih lebar untuk jari yang lebih penuh.

Selain itu, akan lebih baik bila kita tidak memakai cincin dalam jumlah berlebihan, berapapun ukuran tangan, untuk menghindari penampilan yang terlalu mencolok.

Intinya adalah tangan lebih kecil, cincin lebih kecil; tangan lebih besar, cincin lebih besar.

3. Seimbangkan cincin dan aksesoris lain di kedua tangan

Soal keseimbangan ini berbeda dari ukuran, karena lebih menyoroti bagaimana kita memakai perhiasan agar terlihat seimbang dan tidak berat sebelah.

Jika kamu ingin memakai beberapa cincin sekaligus atau memakainya bersama aksesoris lain, hindari memakainya hanya di satu sisi tangan, tapi coba atur dengan pas di kedua tangan.

Misalnya, jika cincin kawin dan jam tangan menghiasi tangan kiri, seimbangkan dengan menambahkan gelang di pergelangan tangan kanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com