Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Efektif Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Kompas.com - 19/12/2023, 21:37 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba dapat membantu kita tetap sehat menjalani rutinitas sehari-hari.

Musim pancaroba dapat digambarkan sebagai peralihan satu musim ke musim lainnya. Pada periode ini, virus dan bakteri menjadi lebih cepat berkembang biak dan memiliki kemampuan bertahan yang lebih lama.

Hal itu pun membuat tubuh manusia menjadi lebih mudah terserang berbagai penyakit selama seperti demam berdarah, tifus, diare, dan flu.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Tidak Sakit Saat Liburan 

Cara menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba

Ada beberapa cara efektif yang bisa kita lakukan untuk menangkal penyakit "langganan" di musim pancaroba.

Beberapa langkahya bisa dimulai dengan rutin mencuci tangan sebelum menyentuh wajah dan makan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, mengelola stres hingga melakukan vaksinasi jika diperlukan.

“Pada saat musim pancaroba, tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan pergantian suhu yang ekstrem, dan karena paksaan ini tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit."

Demikian kata dr. Elizabeth Angelina, Medical Officer PT Kalbe Farma Tbk dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Mengelola stres

Dokter Elizabeth juga menambahkan, mengelola stres juga termasuk ke dalam upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebab, ketika tubuh dan pikiran merasakan stres, ada hormon kortisol yang diproduksi dan jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menekan kemampuan sistem daya tahan tubuh untuk melawan virus atau bakteri.

"Membaca buku, berkumpul dengan keluarga, meditasi atau melakukan hobi termasuk salah satu cara dalam mengelola stres," ucapnya.

Gaya hidup sehat CERDIK

Selain menerapkan pola hidup sehat dan mengelola stres, pemerintah juga menganjurkan gaya hidup sehat ala CERDIK.

CERDIK merupakan ajakan dari Kemenkes RI (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia).

Ini merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik atau olahraga, Diet sehat dan seimbang, serta Istirahat cukup dan Kelola stres.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh, Cegah Penularan Cacar Monyet 

Ilustrasi wedang jahe merah. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi wedang jahe merah.

Konsumsi jahe merah

Jahe merah telah dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Secara umum, jahe merah memiliki sejumlah senyawa yang bertindak sebagai immunomodulator, anti-bakteri, antioksidan, yang memainkan peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba.

Di dalam jahe merah sendiri, ada kandungan yang tidak dimiliki oleh jenis jahe lainnya, yaitu beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

Jahe merah juga termasuk rimpang yang mudah diolah. Banyak orang menikmatinya dengan membuat minuman hangat dari jahe merah untuk dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Minum Jahe Merah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com