Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Jahe Merah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?

Kompas.com - 12/09/2023, 11:17 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk tingkatkan daya tahan tubuh, salah satunya rutin minum jahe merah.

Jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) merupakan varietas lain dari jahe yang memiliki warna kemerahan pada bagian dalam.

Warna cerah itu berasal dari senyawa anthocyanin sehingga memiliki sejumlah perbedaan terkait tampilan hingga kandungannya dari jahe biasa.

Jenis jahe yang satu ini sudah banyak digunakan ke dalam pengobatan tradisonal di Asia. Menurut penelitian, setidaknya ada lebih dari 169 senyawa yang terdapat pada jahe merah.

Sejumlah kandungan itu di antaranya vanilloid, monoterpen, etanol, metanol, flavonoid, asam amino, gingerol, shogaol, vitamin C, mineral dan sejumlah kandungan lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Terutama pada senyawa yang bertindak sebagai antiinflamasi dan antioksidan pada jahe merah, yang pada gilirannya bisa meningkatkan aktivitas imunomodulator di tubuh.

Baca juga: Kompres Jahe Merah Efektif untuk Redakan Nyeri Haid 

Wedang jahe merahSajian Sedap / Grid Wedang jahe merah

Mengutip jurnal penelitian yang diterbitkan dalam situs web Unusa.ac.id, cara kerja imunomodulator yaitu mengembalikan fungsi sistem imun yang terganggu (imunrestorasi), memperbaiki fungsi sistem imun (imunostimulasi), dan menekan respons imun (imunosupresi).

"Kalau ditanya mana yang lebih baik jika dimanfaatkan sebagai obat herbal, tentunya jahe merah karena kandungan minyak atsirinya lebih banyak dibanding jahe biasa," ujar Endah Budi Permana Putri, Dosen Prodi S1 Gizi Unusa.

Di samping itu, banyak pula manfaat dari rutin konsumsi jahe merah karena khasiatnya bisa bertindak sebagai antiperadangan, antimikroba, antijamur hingga antikanker.

Tak heran, jika manfat jahe merah dalam meningkatkan daya tahan tubuh menjadikan rempah yang satu ini menjadi andalan bagi masyarakat.

Namun, agar kandungan zat dalam jahe merah tidak berkurang atau malah rusak, Endah menyarankan agar jahe merah diseduh dengan air hangat.

"Kalau airnya terlalu panas bisa merusak kandungan zat yang dimiliki jahe. Misalnya vitamin C kan bisa rusak kalau air panas, jadi cukup air hangat saja," tutur Endah.

Baca juga: Manfaat Jahe Merah untuk Atasi Asam Urat 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com