Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2023, 17:10 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah rempah dan bahan alami dipercaya dapat mengatasi asam urat, salah satunya jahe merah.

Jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh termasuk di area sendi.

Lantas, apakah khasiatnya bisa membantu peradangan sendi akibat asam urat?

Baca juga: Cara Mengonsumsi Jahe Merah, Tidak Cuma Nikmat Jadi Minuman Herbal 

Fakta manfaat jahe merah untuk atasi asam urat

Asam urat merupakan kondisi nyeri yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di area persendian. Pada gilirannya, kondisi itu bisa memicu peradangan (arthritis gout) hingga nyeri jika tidak dikelola dengan baik.

Gejala penyakit asam urat memang dapat diatasi dengan meminum obat untuk asam urat, tetapi banyak orang merasa khawatir dengan efek sampingnya.

Tidak heran jika sebagian orang memilih jalan alternatif dengan memanfaatkan jahe merah untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah hingga meredakan nyeri sendi. Benarkah asam urat bisa membantu mengatasi penyakit yang satu ini?

Konsumsi jahe merah untuk atasi asam urat

Mengutip ulasan dari buku "Penyakit Asam Urat Kandas Berkat Herbal" karya Ersi Herliana. STP, jahe merah dapat mengatasi peradangan dan meredakan nyeri akibat asam urat.

Manfaat itu bisa diperoleh karena jahe merah memiliki komponen aktif yang terdiri dari gingerol, gingerdione dan zingeron yang berfungsi menghambat leukotrien dan prostaglandin yang merupakan mediator peradangan.

Efek antiperadangan ini pun didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan di Georgia pada tahun 2010. Studi itu menyebutkan bahwa pemberian ekstrak jahe 2 gram per hari selama 10 hari bisa menurunkan nyeri otot yang dipicu oleh aktivitas fisik sebesar 25 persen.

Studi yang sama juga dilakukan oleh peneliti asal Iran yang mengatakan bahwa jahe merah punya efek mirip dengan Ibuprofen dalam mengatasi gejala-gejala osteoarthritis termasuk nyeri.

Baca juga: Jus Lemon Bisa Mengatasi Asam Urat, Benarkah? 

Ilustrasi wedang jahe merah. Dok. Sajian Sedap Ilustrasi wedang jahe merah.

Kompres jahe merah

Selain dikonsumsi, manfaat jahe merah dalam mengatasi asam urat juga dapat digunakan dengan cara dijadikan balutan kompres.

Berdasarkan studi kecil dari Universitas Mulawarman yang diterbitkan dalam Journal Nursing Innovation, pada tahun 2023, kompres jahe merah dapat mengurangi peradangan pada pasien asam urat.

Baca juga: Identik Sebagai Penyakit Orang Tua, Bisakah Anak-Anak Alami Asam Urat?

Studi ini meneliti skala nyeri sebelum dan sesudah pemberian kompres jahe merah pada lansia dengan gout arthritis.

Metode penelitian dilakukan dengan studi kasus selama 2 minggu, dengan 6 kali pertemuan pada pasien.

Hasil penelitian menemukan bahwa skala nyeri pada 3 respnden sebelum diberikan kompres jahe merah berturut-turut terbagi atas skala 5 (nyeri sedang), 4 (nyeri sedang) dan 5 (nyeri sedang).

Setelah pasien diberikan kompres jahe merah, sebagian besar nyeri yang dialami pasien menghilang dengan skala 0 (tidak nyeri), 0 (tidak nyeri) dan skala poin 2 (tergolong nyeri ringan).

Para peneliti meyakini bahwa kompres jahe merah dapat mengurangi peradangan dengan cara menurunkan kadar prostaglandin dan leukotrien pasien lansia dengan penyakit asam urat.

Meski begitu masih dibutuhkan riset dan penelitian lebih lanjut dengan cakupan yang lebih luas guna memastikan manfaat jahe merah dalam mengatasi asam urat secara menyeluruh.

Baca juga: Jahe Merah: Khasiat, Saran Pengolahan, dan Cara Menyimpan 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com