Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengonsumsi Jahe Merah, Tidak Cuma Nikmat Jadi Minuman Herbal

Kompas.com - 13/06/2023, 19:00 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jahe merah merupakan sejenis rempah yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Kegunaannya pun sering dijadikan minuman herbal karena cara ini dianggap yang paling sederhana dan mudah dibuat karena hanya cukup merebusnya dengan bahan-bahan lain.

Tetapi sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mendapatkan manfaat jahe merah.

Baca juga: Jahe Merah: Khasiat, Saran Pengolahan, dan Cara Menyimpan 

Cara mengonsumsi jahe merah selain dijadikan minuman herbal

Jahe merah memiliki warna merah kecoklatan yang khas dengan aroma dan rasa pedas yang lebih kuat dibandingkan jahe biasa.

Di banyak budaya termasuk Indonesia, jahe merah dijual dalam keadaan segar, kering hingga bubuk, namun pemanfaatnya lebih banyak dijadikan minuman herbal.

Sebenarnya, banyak cara untuk mengonsumsi jahe merah yang tidak hanya nikmat jika dijadikan minuman hangat. Berikut ulasan selengkapnya sebagaimana dilansir dari laman Specialty Produce.

1. Penyedap masakan

Jahe merah memiliki cita rasa yang khas dengan aromatik yang lebih kuat, pedas dan dapat memberikan sensasi hangat pada masakan.

Tak heran jika kegunaan jahe merah juga cocok dijadikan penyedap masakan dengan mengolahnya menjadi bumbu tambahan pada masakan rumahan seperti tumis-tumisan hingga sup. 

Cara memanfaatkannya pun mudah, jahe merah hanya perlu dikupas dan dicincang halus atau ditumbuk untuk menggantikan jahe yang ada di resep masakan.

2. Dijadikan campuran saus

Berbagai masakan China dan Jepang cukup banyak yang menggunakan jahe sebagai penambah aroma di sausnya.

Jahe merah bisa dibersihkan, dicincang sampai halus untuk ditambahkan ke saus atau bumbu marinasi menggantikan jahe putih.

3. Dijadikan smoothies

Komposisi jahe merah juga nikmat jika dijadikan sebagai campuran smoothies. Jahe hanya perlu dikupas dan dicincang kemudian diblender bersama bahan favorit kita.

Baca juga: Perbedaan Khasiat Jahe Merah dan Jahe Putih, Apa saja? 

Ilustrasi teh jahe Ilustrasi teh jahe

4. Menghilangkan bau amis pada daging

Jahe merah juga sangat cocok dijadikan bumbu marinasi yang tujuannya untuk menghilangkan bau amis pada ikan, daging, makanan laut, daging sapi, babi dan lain sebagainya.

Bahkan ketika dijadikan bumbu marinasi, kegunaannya tidak cuma menghilangkan aroma amis, tetapi dapat membantu menyeimbangkan rasanya.

5. Penambah rasa pedas

Jahe merah juga terkadang dijadikan sebagai bumbu pedas dengan cara dikeringkan dan ditumbuk.

Biasanya jahe merah bubuk itu ditaburkan ke dalam bumbu penyedap rasa untuk menambah rasa pedas yang lebih aromatik menggantikan bubuk cabai.

Namun karena sensasi cita rasanya bisa memberikan rasa pedas dan panas lebih lama, penting untuk menakar jumlah yang tepat agar tidak efek pedas dan panasnya tidak mengganggu lidah.

Baca juga: 3 Resep Mengolah Jahe Merah Jadi Minuman Sehat 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com