Kompas.com - 16/08/2022, 19:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jahe merupakan salah satu tanaman yang tidak hanya dikenal sebagai bumbu masakan, tetapi juga obat untuk berbagai macam penyakit.

Hal ini pula yang menjadikan jahe kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan tradisional.

Di Indonesia, jahe ditemukan dalam banyak jenis seperti jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum) dan jahe putih atau jahe biasa (Zingiber officinale).

Meski masuk ke dalam satu famili yang sama, ternyata baik jahe merah dan jahe putih memiliki perbedaan tersendiri, terutama khasiatnya.

Baca juga: Jahe Merah: Khasiat, Saran Pengolahan, dan Cara Menyimpan

Perbedaan jahe merah dan jahe putih

Jahe merah

Dari segi kandungan, jahe merah dan jahe putih sebenarnya memiliki nutrisi yang sama seperti mineral, vitamin A, B1, B3, dan C, besi, fosfor, serta kalsium.

Namun untuk khasiatnya, jahe merah lebih efektif dalam menghangatkan tubuh karena cenderung memiliki rasa pedas yang lebih kuat.

Selain itu, jahe merah juga merupakan varietas unggul karena memiliki kandungan senyawa aktif yang lebih tinggi dibandingkan varietas jahe lainnya.

Menurut sebuah ulasan di LIPI tahun 2020, jahe merah memiliki aktivitas sebagai immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

"Efek inilah yang bermanfaat dalam pencegahan dan membantu dalam pemulihan dari virus seperti corona," jelas Masteria Yunovilsa Putra, Kepala Kelompok Penelitian Center for Drug Discovery and Development di LIPI.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.