Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan di Tahun 2024

Kompas.com - 01/01/2024, 08:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2024 bisa menjadi perubahan terbesar dalam hal kesehatan, salah satunya dengan menambahkan beberapa jenis makanan.

Hal ini terbukti dengan adanya makanan yang lebih padat nutrisi, serta tinggi antioksidan, serat, protein tanpa lemak, dan mikronutrien esensial, yang dapat membuat perbedaan secara signifikan pada kesehatan kita setiap hari.

Baca juga: 4 Zodiak Ini Kurang Beruntung di 2024, Harus Siap Hadapi Masa Sulit

Baik itu kita sedang mencoba menurunkan kolesterol, mengelola berat badan yang sehat, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, makanan yang kita konsumsi secara teratur dapat membantu kita mencapai tujuan.

Daftar makanan yang bisa meningkatkan kesehatan di tahun 2024

Jika kita ingin menjadi lebih sehat pada 2024, berikut daftar makanan yang bisa dimasukkan ke dalam rutinitas diet sehari-hari:

1. Legume

Seorang ahli gizi, Sarah Pflugradt, MS, RDN, CSCS, mengatakan bahwa menambahkan satu atau dua porsi legume setiap hari dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap diet dengan menambahkan nutrisi seperti zat besi, magnesium, dan folat.

"Kita mendapatkan banyak protein dan serat dari legume, menjadikannya tambahan yang bagus untuk siapa saja yang mencoba untuk makan lebih banyak tanaman dalam diet mereka," terangnya.

Baca juga: 10 Asupan Terbaik dan Terburuk untuk Ginjal Menurut Ahli Diet

Menurut Sarah, konsumsi legume secara teratur juga terbukti dapat meningkatkan kontrol glukosa dan menurunkan kolesterol.

Dalam sebuah studi tahun 2021 di Journal of Nutrition, orang dengan kolesterol LDL tinggi mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL mereka dengan mengonsumsi 1 cangkir legume (jenis apa pun) setiap hari selama empat minggu.

2. Oat

Efek samping oatmeal.Shutterstock Efek samping oatmeal.

Oat adalah makanan yang ramah di kantong, tahan lama, dan serbaguna, yang membuatnya menjadi makanan yang sangat mudah diakses untuk kesehatan secara keseluruhan.

Demikian diungkapkan oleh Wan Na Chun, RDN, seorang ahli gizi diet terdaftar dan konsultan nutrisi untuk Health Insiders.

Baik dinikmati sebagai oat panas, overnight oat, granola, atau dipanggang menjadi muffin dan roti, makan lebih banyak oat dapat membuat perbedaan besar.

Baca juga: 5 Kesalahan Makan Oat yang Bikin Berat Badan Naik

Meskipun merupakan sumber nutrisi yang baik seperti zat besi dan magnesium, nutrisi utamanya adalah serat larut.

"Oat kaya akan serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol, menstabilkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung," ungkapnya.

3. Kacang-kacangan

Kacang kenari, kacang almond, kacang tanah, atau pistachio, merupakan sumber serat dan protein nabati yang baik.

Menurut ahli gizi dan pemilik Dietitian Dish LLC, Patricia Kolesa MS, RDN, satu genggam kecil kacang almond mengandung 6 gram protein dan 3,5 gram serat, serta merupakan sumber magnesium, tembaga, dan riboflavin yang baik.

"Meskipun beberapa orang khawatir tentang makan kacang karena kacang tinggi kalori, saya menganjurkan kacang sebagai camilan yang enak," kata ahli gizi di Nutrition by Bess, Bess Berger, RD.

Baca juga: 5 Kacang-kacangan yang Membantu Cegah Penuaan Dini dan Awet Muda

Faktanya, sebuah tinjauan tahun 2019 terhadap pola makan, kesehatan, dan berat badan hampir 145.000 orang dewasa menemukan bahwa peningkatan asupan kacang-kacangan hanya 0,5 porsi per hari dapat mengurangi obesitas dan potensi kenaikan berat badan selama 20-24 tahun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com