Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diidap Rizal Ramli Sebelum Meninggal, Apa Penyebab Kanker Pankreas? 

Kompas.com - 03/01/2024, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ekonom Senior Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024).  Mantan Menko Maritim periode 2015-2016 itu, wafat pada pukul 19.30 WIB di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Staf Rizal Ramli, Tri Wibowo Santoso. Rencananya, jenazah Rizal Ramli akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan pada Kamis (4/1/2024) besok. 

"Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," demikian bunyi pesan singkat yang diterima Kompas.com.

Baca juga:

Tri Wibowo Santoso juga mengonfirmasi bahwa Rizal Ramli meninggal akibat sakit kanker pankreas. Sebelum wafat, Rizal Ramli sempat menerima perawatan di rumah sakit. 

“Benar, Pak Rizal wafat karena kanker pankreas. Diketahui sudah dua pekan lebih. Beliau memang ada riwayat diabetes,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/1/2024).

Ilustrasi pankreasMagic mine Ilustrasi pankreas

Untuk diketahui, kanker pankreas adalah jenis kanker yang tumbuh di organ pankreas, seperti dilansir dari Mayo Clinic. Kankreas adalah organ yang berada di bagian belakang tepatnya di bawah lambung. 

Kanker pankreas merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Melansir dari John Hopkins Medicine, tingkat kelangsungan hidup selama lima tahun bagi pasien setelah diagnosis, sangat rendah, yakni hanya lima hingga sepuluh persen. 

Rendahnya tingkat kelangsungan hidup lima tahun tersebut, disebabkan mayoritas pasien kanker pankreas terdiagnosis stadium empat atau stadium paling berbahaya, ketika penyakit telah menyebar. 

Baca juga:

Kanker pankreas stasiun awal sering kali tidak terdeteksi. Sebab, kanker pankreas stadium awal kerap kali tidak menimbulkan gejala sampai akhirnya menyebar ke organ lain. 

Padahal, peluang penyembuhan kanker pankreas stadium awal paling besar. Pilihan pengobatan kanker pankreas antara lain operasi beda, kemoterapi, terapi radiasi atau kombinasi dari semuanya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com