Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2024, 21:53 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang dapat kita bikin menggunakan lemon selain sekadar membuat minuman. Lemon bisa dijus, diiris, atau dikupas, untuk dijadikan penyedap hidangan, mulai dari makanan penutup dan minuman hingga salad dan pasta. 

Jika suka memasak dengan lemon atau menambahkannya ke minuman, kamu mungkin akan memasukkan beberapa lemon ke dalam keranjang setiap kali berbelanja.

Tapi tahukah cara terbaik untuk menyimpan lemon di rumah? Atau apa yang harus diakukan jika memiliki potongan lemon, sisa jus, atau sisa kulitnya? 

Mengapa penting menyimpan lemon dengan benar?

Lemon tidak mudah rusak seperti buah beri atau salad, jadi apakah kita benar-benar perlu metode penyimpanan khusus? Ya, karena menyimpan lemon dengan benar membuat buah lemon tetap segar lebih lama dan juga menjaga tekstur lembut kulitnya, serta menjaga rasanya tetap utuh. 

“Saat lemon lebih segar, rasanya lebih manis dan kurang asam dibandingkan saat mulai mengering, yang terjadi lebih cepat pada suhu ruangan,” kata Maddy Rotman, kepala keberlanjutan di Imperfect Foods.

Lemon utuh dapat disimpan di atas meja, namun para ahli memilih untuk menyimpannya di lemari es karena ini membuat lemon tetap segar lebih lama. 

“Anda bisa menyimpannya di konter tetapi buah tersebut tidak akan bertahan lama dan akan mulai mengering,” kata Anina von Haeften, salah satu pendiri layanan pesan-antar makanan Farm to the People. "Di konter, lemon akan bertahan sekitar seminggu, tapi di lemari es, mereka bisa bertahan hingga satu bulan."

Kita bisa menyimpan lemon di bagian bawah lemari es (crisper drawer), tetapi von Haeften menyarankan untuk memasukkannya ke dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara terlebih dahulu, karena ini akan membantu lemon tetap lebih segar dan menjaga kelembapannya lebih lama.

Namun, jika kamu memiliki lemon mentah (hijau), dia merekomendasikan untuk menyimpannya di meja sampai berubah menjadi kuning, lalu memasukkannya ke dalam laci di lemari es. 

Baca juga: 5 Kesalahan Menyimpan Buah yang Sering Tak Disadari

Ilustrasi menyimpan jeruk di kulkas. SHUTTERSTOCK/GURUXOX Ilustrasi menyimpan jeruk di kulkas.

Cara menyimpan potongan lemon, jus, dan kulitnya

Sekarang kita sudah tahu cara menyimpan lemon utuh. Namun bagaimana menyimpan lemon yang sudah dipotong, jus lemon, atau kulit lemon dengan benar?

Lemon yang sudah dipotong

Jika kamu hanya menggunakan setengah buah lemon, Rotman merekomendasikan untuk menutupi bagian ujung lemon yang terbuka dengan bungkus plastik, menempatkannya dalam wadah tertutup, lalu menyimpannya di lemari es. Sebaiknya sisa lemon ini digunakan dalam beberapa hari, sebelum mengering.

Jus lemon

Untuk menyimpan sisa jus lemon, Rotman menyarankan untuk menyimpannya dalam wadah tertutup di lemari es. Jika disimpan seperti itu, rasa segarnya akan tetap terjaga selama beberapa hari. 

“Setelah itu sebaiknya gunakan air jeruk lemon untuk memasak, atau membekukan sisanya dengan menuangkannya ke dalam nampan es batu dan menyimpannya dalam wadah saat dibekukan.”

Kulit lemon

Seringkali, kita menginginkan lemon untuk diiris atau dibuat jus, jadi yang terpenting adalah daging lemon, tetapi jangan mengabaikan kulitnya. Meskipun kita biasanya tidak memakannya langsung (kecuali kita membuat permen), kulitnya memiliki komponen yang berguna. 

Rotman menganjurkan juru masak rumahan untuk tidak membuang kulit lemon tanpa mengupasnya terlebih dahulu. 

"Kulit lemon sangat serbaguna untuk memasak dan membuat kue. Meskipun kita tidak langsung membutuhkannya, kita dapat memasukkannya ke dalam wadah tertutup dan menyimpannya di dalam freezer. Lelehkan saat kita siap membuat makanan penutup yang menggunakan kulit lemon." 

Baca juga: Tips Menyimpan Lemon agar Tetap Segar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com